in

Susah Tidur? Coba Lakukan Cara yang Tak Ada 1 Menit Ini!

CakapCakap – Tidur merupakan salah satu hal yang dibutuhkan oleh tubuh manusia, dengan tidur kamu akan merasakan relaksasi serta kenyamaan pasca melakukan aktivitas sehari-hari. Cakap People, meskipun tidur menjadi hal yang menyenangkan serta membuat tubuh beristirahat namun tidak semua orang dapat melakukan aktivitas yang ditandai dengan menutup mata ini dengan mudah loh.

Ilustrasi Susah Tidur. Via https://www.jitunews.com/read/93189/insomnia-gunakan-cara-ini-dalam-30-detik-langsung-tidur

Tak sedikit, orang mengalami kesulitan untuk tidur. Kesulitan tidur ini biasanya disebut dengan insomnia dan jenis-jenis insomnia pun beraneka ragam tergantung faktor penyebabnya. Pada umumnya faktor yang kerapkali menjadikan seseorang kesulitan untuk tidur antaralain yaitu stres, cemas, depresi, atau bisa juga karena adanya gangguan kesehatan fisik misalnya asma maupun paru-paru.

Dilansir dari guesehat.com ternyata ada loh cara yang bisa membantu kamu mudah tidur dalam waktu kurang dari 1 menit, kok bisa ? Bagaimana caranya ? kamu pasti penasaran kan ? coba lakukan cara dibawah ini ya Cakap People :

  1. Pertama, letakkan ujung lidah kamu pada atap mulut, tepat diarea gusi diatas gigi kamu ya.
  2. Selanjutnya buang napas yang cukup kuat melalui mulut hingga terdengar suara “medesing”.
  3. Tutup mulut kamu, lalu ambil napas secara perlahan melalui hidung dalam hitungan 4 detik ya.
  4. Kemudian, kamu harus menahan napas selama 7 detik.
  5. Hembuskan napas secara perlahan melalui mulut dalam hitungan 8 detik.
  6. Lalu, tarik napas lagi dan ulangi dari awal sebanyak tiga kali.

Mudah bukan? Langkah-langkah tersebut disebut juga dengan metode 4-7-8. Metode ini akan bernar-benar bekerja dengan baik dan membantumu mudah terlelap jika kamu benar-benar mencobanya ya Cakap People.

Mengatur pernapasan dengan metode ini akan membuat irama jantung menjadi lebih lambat, irama jantung yang lebih lambat akan menjadikan tubuh kamu merasa tenang dan mudah untuk terlelap. Inilah kenapa bila sedang merasa cemas ataupun stres kamu menjadi susah untuk tidur. Pada saat mengalami cemas maupun stres jumlah adrenalin dalam darah mengalami peningkatan dan pernapasan pun cenderung menjadi lebih cepat.

Cakap People, latihan dengan menggunakan metode 4-7-8 mempunyai sistem kerja menyerupai obat penenang, maka tak heran saat kamu melakukan metode itu dengan baik, tubuhmu akan lebih mudah untuk tidur. Selain bekerja pada sistem pernapasan, metode ini juga mempunyai efek yang tak jauh berbeda dalam hal menangkan pikiran.

Metode satu ini juga akan menjadikan kamu berkonsentrasi penuh pada saat melakukan pengaturan napas 4-7-8. Pada saat mencobanya, sistem saraf pusat akan secara bertahap mengurangi aktivitas dan juga perasaan cemas pun menjadi hilang. Alhasil tubuh menjadi terasa lebih rileks serta kamu akan mudah untuk tertidur.

Perlu diketahui teknik pernapasan 4-7-8 sendiri dikenalkan oleh Dr Andrew Weill dari Arizona, dikutip dari kompas.com, dirinya menjalaskan bahwa teknik tersebut terinspirasi dari olahraga Yoga yang benar-benar sederhana, tak banyak memakan waktu, tidak memerlukan peralatan, serta bisa dilakukan dimana saja.

Dr Weill juga mengklaim jika metode pernapasan tersebut dapat membantu orang mengantuk dan bisa tertidur dalam waktu kurang lebih 60 detik alias 1 menit. Ia pun mengatakan bila teknik 4-7-8 juga bertindak sebagai “obat penenang” alami untuk sistem saraf, dengan cara mengurangi ketegangan serta stres dalam tubuh.

Bagaimana kamu mau mencobanya? Semoga gangguan tidur kamu dapat teratasi dengan cara ini ya Cakap People.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Remaja yang Sering Main Media Sosial Rentan Terkena Depresi loh!

4 Kelebihan Punya Bos Wanita yang Menguntungkan Lingkungan Kerja, Apa Saja?