in ,

Suka Berjalan Telanjang Kaki? Ini Sejumlah Manfaatnya yang Tak Terduga!

CakapCakap – Aktivitas berjalan kaki mampu memberikan banyak sekali manfaat bagi tubuh. Namun kebiasaan berjalan telanjang kaki ternyata punya manfaat jauh lebih banyak, yang bahkan mungkin selama ini tidak diduga-duga oleh Cakap People. Meskipun masih banyak orang yang menganggap kurang higienis, namun berjalan telanjang kaki menyimpan sejumlah manfaat yang mampu menjaga kesehatan tubuh manusia. Makanya, kebiasaan berjalan dengan telanjang kaki ini sangat disarankan.

Berjalan telanjang kaki menyimpan sejumlah manfaat yang mampu menjaga kesehatan tubuh manusia. Via kompas.com

Seperti yang dimuat dalam laman Merdeka.com, ketika berjalan telanjang kaki, ternyata akan terjadi peremajaan dalam otak, sehingga proses itu pun akan membuat masuknya elektron positif ke dalam otak. Berjalan dengan telanjang kaki memang mampu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Beberapa manfaatnya, termasuk untuk terjadinya konduktivitas kulit hingga denyut jantung teratur, meningkatkan regulasi glukosa, mengurangi stres, dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Tak banyak yang tahu bahwa berjalan telanjang kaki juga sangat baik untuk sirkulasi darah, seperti menghindari penggumpalan darah dan meningkatkan produksi sel darah merah, sehingga kebiasaan ini bagus untuk penderita penyakit jantung. Berjalan telanjang kaki juga akan membuat tubuh dan pikiran jadi rileks, sehingga sistem endokrin dan sistem saraf akan berjalan lancar. Hal ini pun akan berdampak pada pencegahan diabetes, meningkatkan fungsi jantung, serta penurunan berat badan.

Memakai sepatu atau sandal akan menghambat penggunaan kelompok otot tertentu pada kaki. Via doktersehat.com

Sebenarnya, seberapa pentingkah membiarkan berjalan telanjang kaki? “Manfaat paling langsung dari tidak memakai alas kaki adalah mengembalikan ‘pola berjalan natural’ atau disebut juga gaya jalan kita,” ungkap Dr Jonathan Kaplan, salah seorang dokter bedah ortopedi, seperti dimuat dalam laman Kompas.com. Menurut Dr Bruce Pinker pula, meski sepatu atau sandal dengan bantal tebal seperti yang biasa dipakai itu sangat nyaman, tetapi sebenarnya ternyata akan bisa menghambat penggunaan kelompok otot tertentu pada kaki. Otot-otot itu seharusnya bisa menguatkan tubuh.

Dengan terbiasa berjalan telanjang kaki, menurut Pinker akan Lebih mudah mengontrol posisi kaki saat menjejak permukaan, tingkat keseimbangan dan kesadaran tubuh akan lebih baik sehingga bisa membantu mengurangi nyeri, hingga mekanik kaki lebih baik yang akan memperbaiki pula mekanik panggul, lutut dan batang tubuh. Nah, kini Cakap People perlu membiasakan berjalan telanjang kaki!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Hidup di Dunia Nyata Tapi Masih Percaya Hal Gaib, Ternyata Ini Penjelasannya

Xiaomi Mi9, Smartphone Anyar dengan 3 Kamera Paling Canggih