in

Smartphone Tiba-tiba Mati Total? Mungkin Ini Penyebabnya!

CakapCakap – Bagi sebagian kaum millennial, smartphone seolah sudah menjadi bagian dari kehidupan mereka. Sebab smartphone dapat dijadikan sebagai kawan setia untuk pelipur lara maupun untuk digunakan sebagai pemulus suatu pekerjaan. Apa Cakap People juga beranggapan demikian? Salah satu hal mengerikan yang mungkin terjadi pada jenis smartphone Android ialah perangkat tak bisa dinyalakan sama sekali.

Misalnya saja tampilan layar hanya hitam, padahal tombol power telah ditekan terlalu lama. Apabila hal tersebut terjadi, maka kamu akan cukup panik bukan? Lantas, apa yang menjadi penyebab smartphone mati secara total? Nah, temukan jawabannya di ulasan berikut ini ya!

1. Lakukan tindakan power cycle

Cabut baterai smartphone via Riaume.com

Apa itu power cycle? Artinya kamu harus melakukan pencabutan pada sumber daya smartphone, yakni baterai. Jika smartphone kamu mempunyai jenis baterai removable maka cukup cabut saja baterai tersebut. Tunggu selama beberapa detik kemudian pasang lagi dan nyalakan perangkat. Sedangkan jika jenis smartphone mempunyai baterai yang non-removable maka ada trik khusus, yakni dengan menekan lalu menahan tombol power selama hitungan detik, kurang lebih 10-30 detik.

2. Ada masalah di charger

Periksa komponen charger via Youtube.com

Pada beberapa kasus, ternyata masalah charger yang menjadi sebab mengapa smartphone tak bisa diisi ulang hingga akhirnya tak menyala. Maka dari itu, ada cara yang bisa kamu lakukan apabila charger mengalami masalah. Pertama, lakukan pengecekan pada port charger guna menghilangkan adanya kotoran maupun debu. Kemudian pastikan jika kabel charger baik-baik saja. Apabila ada masalah di kabel, seperti putus atau lainnya maka sebaiknya ganti saja kabel charger tersebut supaya bisa digunakan kembali.

3. Periksa kondisi layar

Coba cek layar via Alineasatu.com

Layar smartphone merupakan salah satu komponen yang terbilang cukup sering menderita masalah. Apabila smartphone tiba-tiba tak bisa menyala, mungkin ada masalah di bagian layar. Lantas, bagaimana cara mengecek apakah layar bermasalah atau tidak? Caranya dengan menekan tombol power selama kurang lebih 30 detik. Kemudian tunggu hasilnya, apabila layak tak menunjukkan adanya proses boot, maka mungkin layar memang mengalami masalah. Jika hal tersebut terjadi maka segera bawa smartphone ke ahlinya guna diganti dengan layar yang baru.

Apabila Cakap People mengalami smartphone mati mendadak, maka sebaiknya lakukan terlebih dahulu upaya pengecekan seperti di atas. Jika indikasi kerusakan tidak dapat kamu kenali, maka solusi terbaik ialah dengan membawa smartphone ke ahlinya. Selain bisa diketahui apa penyebabnya secara pasti, smartphone juga bisa langsung dibenahi. Semoga bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Ngeri! Kisah Segitiga yang Tak Kalah ‘Angker’ dari Segitiga Bermuda

Bikin Ngiler! Inilah Makanan Khas Jawa yang Bakalan Bikin Nagih!