in ,

SMART BAPENDA Pintar Pantau Pajak ala Pemkab Luwu

CakapCakap — Transparansi layanan publik menjadi sesuatu yang diutamakan saat ini ya Cakap People, pemerintah dan juga lembaga yang berhubungan dengan pelayanan masyarakat diajak untuk terus berinovasi mengedepankan kejujuran dan keterbukaan data layanan. Salah satu yang sekarang terus digalakkan adalah Smart City, dengan kombinasi pelayanan digital. Banyak daerah yang sudah menerapkan aplikasi atau sistem pintar, memotong prosedur pelayanan hingga akhirnya bisa membuat semua layanan mudah diakses dan dipantau.

Di Kabupaten Luwu, pemerintah daerah menerapkan sistem transparansi pelaporan pajak yang dilakukan oleh masyarakat, yang diberi nama SMART BAPENDA. Aplikasi Smart ini diluncurkan dibawah Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Luwu, yang diharapkan bisa mewujudkan pelayanan yang efektif dan transparan kepada masyarakat.

Aplikasi SMART BAPENDA Kabupaten Luwu via Istimewa.

SMART BAPENDA Kabupaten Luwu memuat informasi tentang Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) serta Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB). Aplikasi ini secara tidak langsung bisa membantu masyarakat untuk memantau pajaknya, apakah sudah dibayarkan atau belum. Secara mudah, masyarakat hanya diminta untuk memasukkan kode wajib pajak pada kolom yang tersedia, setelah itu maka informasi pajak secara lengkap akan muncul otomatis. Aplikasi ini berkembang dengan sangat pesat, dengan perbaikan dan penambahan fitur yang semakin lengkap.

Penerapan Smart City dan layanan digital di area Kabupaten Luwu ini adalah salah satu pencapaian target 100 Smart City di Indonesia. Pada pencanangannya bulan Agustus lalu, dijelaskan bahwa target ini adalah menciptakan integrasi, sinkronisasi, dan sinergi antara perencanaan dan pengembangan layanan publik. Smart City tidak hanya berbicara masalah kemajuan tekonologi, tapi mampu mengakomodasi budaya masyarakat lokal menjadi sesuatu yang digital. Smart City juga harus mengakomodasi pendewasaan masyarakat akan pentingnya kejujuran dan transparansi publik, terutama yang berhubungan dengan pelayanan masyarakat oleh pemerintah maupun institusi.

SMART BAPENDA Kabupaten Luwu Aplikasi untuk mengecek Pajak via Istimewa.

Buat kalian Cakap People yang millennial, terus mendukung Pemerintah dan Institusi di daerah untuk menjadi penyedia jasa pelayanan publik yang efektif dan transparan ya! [ED/RM]

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Ternyata Ini lho Cara Kerja Sistem Injeksi pada Motor Zaman Now, Kaum Millennial Wajib Paham!

Terungkap! Kabar Buruk bagi Pecinta Alkohol Sedunia