in ,

Singkirkan Benda-Benda Penyebab Kanker ini dari Kamar Kamu!

CakapCakapCakap People! Kanker adalah penyebab kematian nomor dua di dunia. Menurut data statistik Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ada sekitar 9,6 Juta kematian terjadi pada 2018 karena kanker.

Ada berbagai penyebab yang memicu kanker, beberapa penyebab ini terkait dengan gaya hidup yang tidak sehat.

Merokok adalah salah satu penyebab utama pemicu penyakit ini. Penyebab lainnya termasuk tidak mengikuti pola makan sehat, gaya hidup pasif, kurang menjaga kebersihan, konsumsi alkohol berlebihan, genetika, dan lain-lain.

Meskipun telah disebutkan beberapa penyebab umum kanker di atas, kamu pasti akan terkejut jika mengetahui bahwa benda-benda tertentu di kamar kamu juga bisa menyebabkan kanker loh!

Benda-benda yang Menyebabkan Kanker di Kamar

Tahukah kamu berbagai hal yang ada di kamar tidur ternyata bisa membuat kamu mudah terserang kanker? Kamu akan terkejut mengetahui tentang sebagian besar barang-barang ini, seperti dikutip dari Boldsky :

1. Bantal kapas dan seprai

Kita semua menggunakan bantal, tetapi menggunakan bantal kapas dapat memperbesar peluang kamu terkena kanker. Alasan di balik itu adalah bahwa tanaman kapas terkena banyak insektisida dan pestisida. Herbisida juga disemprotkan untuk melindungi kapas. 

Menurut penelitian ini, “herbisida berbasis gliserin dan risiko kanker: peninjauan keputusan pasca-IARC tentang mekanisme potensial, kebijakan, dan jalan penelitian” yang diterbitkan dalam jurnal Carcinogenesis, herbisida ini mengandung  bahan aktif yang disebut glifosat yang telah dikaitkan dengan risiko kanker. 

Shutterstock

Cara terbaik untuk mengurangi risiko ini adalah dengan beralih ke bantal dan seprai yang dibuat menggunakan kapas organik.

2. Cat

Sebagian besar dari kita suka bau cat, tetapi sayangnya itu bisa meningkatkan risiko terkena kanker. Cat yang mengandung senyawa organik mudah menguap (VOC) yang bersifat kanker. 

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Occupational and Environmental Medicine edisi Maret 2018, paparan pekerjaan terhadap cat membuat pelukis, seniman dan pekerja lain lebih rentan terhadap risiko kanker paru-paru, kandung kemih, mulut dan pankreas, serta leukemia non-phlymphocytic.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu harus memilih cat non-VOC untuk menghindari risiko ini.

3. Penyegar udara

Sebagian besar dari kita menyukai aroma penyegar udara yang menyenangkan, dan kita sering menyemprotkannya di kamar tidur, kamar mandi, bahkan di mobil dan di tempat kerja. Tetapi apakah kamu tahu semprotan ini juga berpotensi kanker? 

Jadi hindari menggunakannya. Kamu bisa mengganti penyegar udara dengan bunga seperti melati atau mawar, atau kamu bisa menyiapkan semprotan alami kamu sendiri menggunakan menggunakan minyak esensial dan air.

4. Furnitur kulit sintetis

Polimer plastik yang disebut polivinil klorida (PVC) digunakan untuk menyiapkan kulit sintetis, yang berbahaya. Ini juga mengandung berbagai bahan kimia lain yang berpotensi berbahaya. Karena itu, kamu harus menghindari penggunaan furnitur yang terbuat dari kulit sintetis.

Selain itu, hindari furnitur yang dibuat menggunakan melamin, papan partikel, furnitur papan serat kepadatan menengah (MDF) karena mengandung bahan kimia beracun. Cobalah membeli furnitur kayu solid agar tetap sehat.

Bantal dan bantal anti air juga harus dihindari karena mengandung bahan beracun yang dapat membahayakan kesehatan kamu. Jadi berhati-hatilah saat membeli furnitur, hindari yang terbuat dari kulit sintetis dan juga yang diperlakukan dengan bahan beracun.

5. Gadget dan perangkat elektronik

Ini adalah kebiasaan yang umum untuk meletakkan ponsel di dekat kamu saat tidur. Juga kebiasaan menaruh seperangkat alat elektronik lainnya seperti komputer, TV, dan lain-lain. 

Perangkat ini membuat kita terpapar radiasi elektromagnetik. Radiasi ini bersifat karsinogenik dan paparan jangka panjang terhadapnya membuat kita lebih rentan terhadap kanker.

Cara sederhana untuk menurunkan risiko kanker adalah dengan menjaga ponsel kamu pada mode pesawat ketika tidur. Atau dengan mematikan semua perangkat dan menjaga mereka dalam jarak tetap jauh dari kamu.

Cara itu tidak hanya membantu mencegah kanker, tetapi juga akan membantu kamu tidur lebih nyenyak.

6. Kasur dan tirai

Tirai dan kasur yang nyaman direndam dalam berbagai bahan kimia seperti penghambat api yang membuat kita rentan terhadap berbagai masalah kesehatan seperti kanker. 

Zat kimia ini mampu menghambat perkembangan otak kita dan bahkan menyebabkan gangguan hormon. Cara terbaik untuk tetap aman dari efek berbahaya ini adalah dengan memilih kasur organik dan beralih ke tirai yang dibuat menggunakan kain organik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Inilah 10 Perempuan yang Memimpin Perusahaan E-commerce Indonesia

4 Makanan Ini Ternyata Baik untuk Organ Liver, Salah Satunya Kopi!