in

Siapa yang Buang Sampah di Ruang Antariksa?

CakapCakap – Tahukah kamu kalau di negara ini, sampah menjadi permasalahan yang cukup serius. Tidak hanya di kota besar dan kawasan padat penduduk, tapi di pantai, hutan, dan bahkan di puncak gunung pun kita bisa menemukan adanya sampah. Miris sebenarnya, tetapi kita juga bisa melihat banyak komunitas dan aktivis yang mulai menularkan virus positif untuk menjaga lingkungan dari jahatnya sampah.

Tidak hanya di bumi, apakah Cakap People tahu kalau di ruangan antariksa atau luar angkasa juga banyak sampah? Nah, siapa yang bisa membuang sampah disana?

Seperti yang telah dirilis oleh NASA, di antariksa ternyata ada jutaan sampah yang melayang-layang. Ada beberapa obyek bahkan yang menyerupai kantong sampah yang kosong, bernama A10bMLz. Kesemua obyek ini berbeda jika dibandingkan dengan obyek lain yang ada di orbit. Mereka bergerak tidak tentu arah tanpa lintasan, membelok dan terlempar kesana kemari. Mereka konsisten bergerak di jarak yang cukup dekat dengan permukaan bumi, yakni kira-kira 300 ribu mil dari permukaan bumi.

Sampah Antariksa
https://www.labana.id/wp-content/uploads/2017/06/sampah-antariksa.jpg

Daniel Bamberger, seorang Astronom asal Jerman yang bekerja untuk Northolt Branch Observatioies London menyebutkan bahwa obyek sampah ini dianalisis sejak 25 Januari 2019 kemarin. Awalnya pada observer belum mengetahui apakah sampah ini termasuk sampah alami atau buatan. Setelah dilakukan penelitian, diketahui bahwa sampah-sampah ini adalah serpihan logam yang terlepas dari pesawat luar angkasa atau roket yang meluncur dari bumi.

Sampah ini kerap bergerak dengan cukup lambat jika dibandingkan dengan obyek lain yang punya orbit. Kita mengetahui bahwa di luar angkasa, tekanan udara hampir tidak dapat ditemukan. Apalagi jika berada di luar orbit bumi, sangat tidak mungkin kita melihat obyek bisa bergerak tanpa lintasan. Tetapi fakta ini yang terlihat pada sampah-sampah yang melayang. Pergerakan kecil yang timbul disebabkan karena masanya yang rendah, dan terdorong perlahan oleh radiasi matahari.

Sampah Antariksa
https://www.labana.id/wp-content/uploads/2017/06/sampah-antariksa.jpg

Diketahui, sampah-sampah ini memiliki ukuran yang sangat kecil jika dibandingkan dengan obyek antariksa lainnya. Tercatat, rata-rata panjang obyek hanya beberapa meter, dan beratnya kurang dari 9,97 kilogram. Cakap People, jika obyek-obyek tersebut adalah sampah, bagaimana cara membersihkannya ya?

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Indonesia Punya 21 Sensor Deteksi Dini Serangan Siber, Negara Lain?

Polusi Parah, Salju Berubah Menghitam di Rusia