in ,

Siap-Siap! Pemerintah Bakal Uji Coba Biodiesel B30 Tahun 2019

CakapCakap – Bahan bakar minyak (BBM) menjadi kebutuhan utama bagi banyak masyarakat di seluruh dunia, apalagi mereka yang tinggal di perkotaan. Tidak hanya untuk kebutuhan di rumah tangga, tetapi juga untuk kendaraan yang menjadi transportasi untuk mengantar pulang dan pergi dalam menjalani aktivitas harian. Namun, karena BBM sangat terbatas dan termasuk energi yang tak bisa terbarukan, maka berbagai penelitian dilakukan untuk menghasilkan jenis bahan bakar lain.

Pemerintah Indonesia berencana untuk segera melakukan uji coba bahan bakar biodiesel B30. Via bpdp.or.id

Salah satunya ada bahan bakar jenis biodiesel B30 yang dikenal lebih ramah lingkungan. Pemerintah Indonesia sendiri saat ini sudah berencana untuk segera melakukan pengujian penggunaan biodiesel B30 pada tahun 2019 mendatang, seperti dilansir oleh laman VIVA.co.id belum lama ini. Menurut Direktur Industri Maritim Alat Transportasi dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika, diskusi terus dilakukan karena waktu implementasi Euro 4 pada mesin diesel sudah dekat.

“Masih belum diputuskan, dalam waktu dekat, tahun 2019, kami akan melakukan (uji), sementara tahun 2021 sudah mulai Euro 4. Jadi ada pemikiran kenapa tidak sekalian saja, nanti dari pada tes lagi di waktu berbeda,” ungkap Putu. Sebenarnya persiapan ke arah tersebut pun dianggap sudah berjalan sekitar 80-90 persen. Dalam kata lain, tinggal sedikit lagi untuk menjadikan bahan bakar biodiesel B30 tersebut berstandar Euro 4, sesuai emisi Euro 4 yang sudah berlaku di banyak negara.

Bahan bakar biodiesel B30 sesuai dengan aturan emisi gas buang Euro 4. Via harnas.co

Seperti diketahui, sebelumnya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan telah menetapkan mulai tahun 2021 nanti semua kendaraan bermesin diesel yang diproduksi dan dijual di Indonesia harus memenuhi standar emisi gas buang Euro 4. Oleh karena itu, sejumlah produsen sudah siap memproduksi kendaraan berstandar Euro 4. Namun, saat ini yang bisa dipenuhi hanya untuk jenis kendaraan berbahan bakar bensin. Sementara diesel Euro 4, baru bisa diproduksi tahun 2021 nanti.

Dikutip pula dari laman Tribunnews.com, Isuzu Indonesia sudah mulai memasarkan mesin diesel dengan teknologi common-rail sejak beberapa tahun terakhir dan terus berlanjut sampai sekarang, dalam rangka untuk mengantisipasi kebijakan baru tersebut. Cakap People pun harus bersiap-siap!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Stres dengan Rutinitas Itu Biasa, Hilangkan Dengan Hal-Hal Ini!

4 Kesalahan Merawat Kulit di Pagi Hari Ini Sering Dilakukan Namun Jarang Disadari, Simak yuk!