in

Siap-Siap! Dalam 45 Tahun Kecerdasan Buatan Bisa Gantikan Peran Manusia

Teknologi kecerdasan buatan diprediksi akan mampu menggantikan semua peran manusia dalam 45 tahun lagi. Via immersa-lab.com

CakapCakap – Perkembangan teknologi tumbuh semakin pesat dalam beberapa tahun terakhir ini. Bahkan, di era digital saat ini semua hal pun bisa dilakukan dengan mudah hanya menggunakan tenaga dari teknologi. Cakap People sendiri pun tentu sudah merasakan banyak sekali manfaat dari kehadiran teknologi yang serba canggih tersebut. Salah satu adalah teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang dalam perkembangan kini mampu melakukan aktivitas manusia.

Teknologi kecerdasan buatan diprediksi akan mampu menggantikan semua peran manusia dalam 45 tahun lagi. Via immersa-lab.com

Makanya, sebuah penelitian terbaru menyebutkan bahwa secara keseluruhan kecerdasan buatan akan lebih baik dalam mengerjakan sejumlah tugas manusia pada hampir semua hal dalam waktu sekitar 45 tahun lagi, seperti dilaporkan oleh laman Beritagar.id. Para peneliti dari University of Oxford, Inggris itu melakukan survei pada para ahli kelas atas di bidang kecerdasan buatan untuk mengetahui kapan mesin bisa melakukan pekerjaan lebih baik dari manusia dalam berbagai bidang.

Dalam 10 tahun nanti, seharusnya teknologi ini akan lebih baik dari manusia dalam menerjemahkan bahasa (tahun 2024), menulis esai tingkat SMA (tahun 2026), menulis 40 lagu terbaik (tahun 2028), dan mengendarai truk. Jika menilik pada tugas rutin, ke depannya kecerdasan buatan kemungkinan dapat melakukan tugas melipat cucian pada tahun 2022. Pada tahun 2031 mungkin manusia sudah bisa berinteraksi dengan mesin berbasis teknologi ini dalam transaksi ritel. Lalu pada tahun 2049, diyakini bisa menulis buku terlaris New York Times, dan melakukan operasi medis pada tahun 2053.

Saat ini sudah semakin banyak robot berbasis teknologi kecerdasan buatan yang diciptakan untuk melakoni pekerjaan manusia. Via nationalgeographic.grid.id

Sementara itu, penelitian lainnya yang pernah dilaporkan oleh laman Okezone.com memperkirakan pada tahun 2045 manusia dalam industri perfilman Hollywood tidak akan lagi diperlukan. Sebagai gantinya, para peneliti mengatakan bahwa teknologi kecerdasan buatan dapat menyunting film, mengisi kesenjangan dalam rekaman, bahkan menciptakan karakter live-action yang bisa dipercaya. Kehadiran teknologi ini dalam pembuatan film pun diyakini akan menghemat banyak waktu dan uang, serta berpotensi untuk mengurangi puluhan juta dollar AS dalam anggaran film umumnya.

Tak heran jika Regelous menyatakan bahwa hanya dalam hitungan dekade, teknologi kecerdasan buatan akan memegang kendali atas manusia. Nah, Cakap People sudah menyiapkan diri belum?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tak Hanya Menakjubkan Mata, 5 Fenomena Alam Ini Juga Bikin Merinding

Facebook Bentuk Badan Independen Konten pada 2019, Apa Tugasnya?