in ,

Sering Ngerasa Ditaksir Orang? Bisa Jadi Itu Gangguan Psikologis

Pasti seneng banget dong ya kalo ada yang suka dan pengen deket lebih dari sekedar kenal. Kamu merasa dipuja-puja oleh seseorang di luar sana dan nunggu hubungan yang lebih menggairahkan dari sekedar curi-curi pandang. Tapi tunggu dulu, jangan buru-buru berbunga-bunga karena bisa jadi itu hanyalah gangguan psikologis aja.

Gangguan psikologis semacam ini dinamakan Erotomania, yaitu gangguan psikologis yang ditandai dengan keyakinan bahwa ada orang yang menaruh hati padahal sebenarnya hanya perasaan aja. Ini lebih berat dari sekedar gede rasa aja karena bukan dipicu oleh kedekatan atau kenal sebelumnya. Erotomania ini merupakan salah satu gangguan psikologis yang masuk ke dalam penyakit delusi bidang psikiatri.

Erotomania cenderung dialami wanita via lifegate.it

Mayoritas diderita oleh wanita

Gangguan psikologis ini didominiasi oleh kaum wanita yang memiliki ciri-ciri tersendiri. Mulai dari wanita yang punya penampilan yang kurang menarik, suka menarik diri dari lingkungan, dan jarang melakukan kontak seksual. Biasanya pujaan hati yang dianggap menyukainya ini adalah orang yang populer atau yang punya kedudukan tinggi di masyarakat. Tapi meski didominiasi oleh kaum wanita, pria juga punya kecenderungan mengidap gangguan ini dan biasanya lebih ke arah tindakan agresif dan keras.

Tanda Erotomania

Jangan bilang kalo kamu mengidap gangguan erotomania ini sebelum kenal dengan tanda-tandanya. Bisa jadi memang kamu cuma geer aja sama doi yang sering curi pandang di berbagai kesempatan yang bikin perasaan disukai semakin besar. Tapi penelusuran lebih lanjut juga diperlukan dengan mengenali beberapa tanda-tanda ini.

  • Merasa disukai dan merasa dia ngebet banget sama kamu
  • Sosok yang dipuja biasanya orang yang dikagumi banyak orang, misalnya selebritis atau sosok kakak kelas yang populer di sekolah.
  • Menganggap kalo si pujaan hati yang duluan ngincer dia dan kamu cuma diem-diem aja nunggu kode
  • Orang lain nganggep biasa, tapi kamunya udah salah tingkah kemana-mana
  • Punya alibi yang kuat kalo dia memang ngebet sama kamu dari berbagai observasi yang kamu lakukan sendiri
  • Berlangsung cukup lama dan bukan euforia sesaat terhadap seseorang yang dikagumi
Erotomania via mental.healthguru.com

Beresiko tindakan kekerasan

Beberapa kasus pengidap erotomania ini diketahui 80 persennya diwarnai dengan tindakan kekerasan terhadap pujaan hati yang dianggap menyukainya. Sementara sisanya kekerasan terhadap orang ketiga yang dianggap saingan untuk mendapatkan cinta dari sang pujaan hati. Penderita erotomania ini juga kerap kali menguntit sang pujaan hati karena penasaran dan mulai gila dengan sosok yang disukai ini.

Jadi kalo kamu udah nemuin tanda-tanda nggak biasa dari perasaan suka sama orang lain, bisa jadi kamu kena gangguan psikologis erotomania ini ya. Segera hubungi psikiater buat menyembuhkannya karena kalo kelamaan nanti jadinya kriminalitas karena kamu nggak akan segan untuk bertindak keras dan agresif.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Ini 5 Tips Buat Menghemat Dana Pernikahan Sederhanamu

Film Zombie Terbaik Sepanjang Masa