in

Sering Menangis Saat Mengiris Bawang? Berikut 10 Cara Aman Mengatasinya

CakapCakap – Banyak orang yang menangis ketika memotong bawang merah. Apa Cakap People juga termasuk yang mengalaminya? Bahan dapur satu ini memang gemar sekali membuat kamu menangis tanpa alasan.

Tapi tenang saja, sebenarnya ada banyak trik untuk bisa mengatasinya. Salah satu cara agar tidak menangis ketika memotong bawang adalah dengan menggunakan kacamata renang. Meski demikian, cara ini dianggap kurang efektif. Lantas bagaimana cara aman memotong bawang tanpa harus menangis? Simak ya 10 cara berikut ini.

Irisan bawang merah. Gambar oleh pasja1000 dari Pixabay
  1. Cara pertama adakah dengan merendam bawang utuh yang telah dikupas ke dalam air es. Tunggu beberapa saat lalu ambil bawang dan kupas seperti biasanya.
  2. Dinginkan bawang sebelum dipotong lalu masukkan ke dalam kulkas selama beberapa saat. Proses pendinginan membuat reaksi kimia yang dilepaskan oleh bawang merah menjadi lebih lambat.
  3. Gunakan pisau yang tajam untuk mengurangi penguapan zat yang bisa membuatmu menangis. Pisau yang tumpul membuat gesekan pada bawang cenderung berlebihan sehingga memancing pengeluaran zat kimia yang bisa membuat perih mata.
  4. Gigit korek api untuk mencegah mata mengeluarkan air mata. Gunakan beberapa batang korep api sekaligus untuk digigit.
  5. Pengupasan yang dilakukan di bawang air mengalir bisa menghilangkan zat yang bisa membuat pedih mata
Ilustrasi mengiris bawang. Gambar oleh dapurmelodi dari Pixabay
  1. Kunyah permen karet akan membuat otot wajah di area mata bergerak sehingga mampu menangkis zat pemerih mata
  2. Saran dari The National Onion Association adalah membiarkan bagian akan bawah utuh tak terpotong. Hal ini dikarenakan akar memiliki konsentrasi terbesar dari senyawa belerang yang jika terpotong akan membuat mata terasa pedih.
  3. Gunakan konsentrasi cuka di atas talenan untuk mengurangi air mata. Caranya cukup semprotkan sedikit larutan cuka ke atas talenan untuk menghentikan reaksi belerang
  4. Gunakan bantuan kipas angin yang akan membuat zat belerang menjauhi wajah serta mencegahmu menangis ketika memotong bawang
  5. The National Onion Association mengatakan jika produksi air mata saat memotong bawang bisa berkurang jik anda memotong bagian atasnya terlebih dahulu baru kemudian mengupas bagian kulit yang luar.

Nah, kesepuluh trik sudah disebutkan pada artikel ini. Nah, buat Cakap People yang merasa sudah lelah mengupas bawang karena nangis melulu? Coba deh terapkan cara-cara di atas, siapa tahu satu di antaranya manjur.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tanpa Perawatan Salon, 6 Bahan Ini Ampuh Menghilangkan Komedo Membandel

Lakukan Hal Ini Saat Cek Busi Mobil Kesayangan Kamu!