in ,

Sering Melaju di Musim Hujan? Lakukan Perawatan Ekstra pada Sepeda Motor!

CakapCakap – Musim hujan sudah datang, yang tidak jarang membuat banyak pengendara sepeda motor sering kali kehujan dalam perjalanan. Cakap People sendiri mungkin pernah diguyur hujan, dan terpaksa melaju dengan sepeda motornya dalam kondisi hujan deras. Ternyata selama musim hujan, pemilik kendaraan bermotor, terutama sepeda motor harus jeli melakukan perawatan ekstra terhadap kendaraannya, agar tetap awet, serta aman dan nyaman dikendarai selama musim hujan.

Sepeda motor yang sering melaju pada musim hujan harus dilakukan perawatan ekstra. Via indonesiautosblog.com

Menurut pegiat motor bekas yang juga pemilik showroom motor bekas Semangat Motor Yogyakarta, Doni Erwanto di laman GoOto.com, air hujan tak hanya membuat bodi motor lama-lama memudar warnanya dan menjadi kusam warnanya, tapi juga akan membuat korosi atau karat karena air hujan mengandung asam. Oleh karena itu, perlu mengguyur sepeda motor dengan air biasa secara rutin setelah melaju dalam kondisi hujan. Begitu pula bagian kampas rem, juga perlu dicek dan disiram air.

“Yang bahaya kalau cakram sudah tak rata lagi permukaannya saat dipakai tiba tiba bisa mengancing sendiri,” ungkap Doni mengingatkan. Kemudian jangan lupa juga untuk melakukan pengecekan rutin pada bagian karburator, karena air hujan bisa saja masuk menetes lewat kabel handel gas, sehingga sepeda motor akan sulit untuk dinyalakan atau jalannya brebet-brebet seperti mesinnya akan mati. Tak hanya itu, perhatikan juga kondisi roda. Sebaiknya tekstur kembangannya masih terlihat bagus.

Pemeriksaan dan pengecekan rutin harus dilakukan pada sejumlah bagian sepeda motor pada musim hujan. Via kompas.com

Memasuki musim hujan ini, para pengendara sepeda motor memang harus ekstra memperhatikan kondisi kendaraannya. “Pemeriksaan mesin motor secara berkala dan rutin adalah hal utama yang harus dilakukan. Selain itu, masalah saat musim penghujan pada sepeda motor seperti mesin sulit dinyalakan, tergelincir, bahkan sampai mogok di tengah jalan,” ucap Iswandi, Kepala Bengkel Astra Motor Makassar (AMM) memberikan keterangan seperti yang dimuat dalam laman Kompas.com.

Pemeriksaan yang bisa dilakukan pemilik sepeda motor, antara lain pengecekan ban dalam kondisi tapak yang belum aus, pemeriksaan kampas rem dan minyak rem, hingga juga pemeriksaan busi dan bearing roda. “Saya sangat menyarankan masyarakat untuk berhati-hati, lakukan cek berkala pada mesin, jangan sampai mogok di jalan saat hujan pula,” tambah Iswandi. Jangan lupa Cakap People!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Waspada! Ternyata Ban Mobil Cepat Aus Saat Lewati Jalan Tol dari Beton

Ini Dia Gaya Rambut yang Bakal Tren di 2019!