in ,

Sering Diabaikan, Ini Tanda Jika Motor Waktunya Pergi ke Bengkel!

CakapCakap –  Seiring dengan meningkatnya populasi manusia, maka rasanya kian dibarengi dengan bertambahnya jumlah kendaraan roda dua. Sebab jenis kendaraan yang satu ini memang paling banyak diminati, terlebih di negara kita sendiri Cakap People. Kendaraan roda dua dinilai memiliki kecepatan yang cocok guna melintasi jalanan raya ibu kota. Belum lagi terkadang kondisi jalan yang macet mengharuskan kita melalui gang-gang sempit guna menghindarinya.

Tetapi selain digunakan untuk berkendara, motor juga memiliki kebutuhan yang wajib kamu penuhi. Salah satu kebutuhannya ialah untuk diservis. Jika kamu mengabaikan kegiatan tersebut maka bisa jadi motor akan mengalami kerusakan parah sehingga malah membuat biaya perbaikannya lebih mahal. Nah, sebaiknya kenali tanda jika motor harus diservis berikut ini!

1. Knalpot keluar asap

Kenali kondisi motor dari warna knalpot via Inews.id

Kamu disarankan untuk memantau asap yang keluar dari kendaraan. Sebab kondisi motor bisa diprediksi melalui warna asap yang keluar. Apabila warna asap menghitam maka biasanya hal tersebut diakibatkan oleh setelan karburator yang kurang tepat. Sementara jika warna asap putih maka ada oli yang ikut terbakar. Umumnya asap putih muncul saat terdapat masalah pada komponen piston.

2. Mengeluarkan suara yang berisik

Motor keluarkan bunyi berisik via Alodokter.com

Jika mesin terus-menerus digunakan pasti lama-lama ia juga akan mengalami aus. Hal ini dikarenakan ia digunakan secara rutin. Maka dari itu, kamu harus senantiasa merawatnya supaya mencegah kondisinya lebih parah. Tanda yang paling nyata saat mesin sudah mulai aus ialah keluarnya bunyi aneh. Maka dari itu, jika bunyi sudah keluar maka tandanya kamu wajib mencari tahu dari mana asalnya.

3. Sulit menyala di pagi hari

Tidak mau menyalah di pagi hari via Sidomi.com

Apabila motor kamu kesulitan menyala ketika pagi hari padahal komponen kick starter telah dipakai dengan benar serta bagian choke juga sudah ditarik, maka kemungkinan motor tersebut sudah waktunya untuk servis. Tepiskan pikiran jika motor susah dinyalakan saat pagi hari merupakan akibat dari mesin dingin. Sebab ini merupakan suatu pertanda bahwa ada kesalahan di komponen busi, karburator hingga setelan klep. Sebelum terlambat segera bawa ke bengkel ya!

Sudah mengerti bukan Cakap People apa saja tandanya jika motor waktunya servis? Selain itu, masih ada beberapa tanda lain. Misalnya saja tarikan awal motor sudah sangat berat, motor bergetar hingga kilometer sudah melampaui batas servis. Maka kamu harus segera membawa motor berobat ke bengkel sebelum terlambat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Facebook Temukan Ratusan Juta Kata Sandi Penggunanya Terekspose!

Olahraga dengan Durasi 22 Menit Atau 30 Menit, Mana yang Lebih Baik?