in

Sepele tapi Jarang Diketahui! Begini Cara Terbaik Menyimpan Teh agar Tak Mudah Berjamur

CakapCakap – Cakap People, kamu tipe orang yang suka ngeteh nggak sih? Nah, jika iya pastinya kamu punya momen-momen asyik untuk menikmati seduhan teh. Aromanya yang begitu harum bisa memberikan gairah dan ketenangan saat mencium aromanya. Benar begitu kan? Bahkan teh bisa membantumu meredakan stres yang tengah melanda.

Buat kamu pecinta teh, pasti memiliki banyak persediaan beragam teh di rumah. Tapi tahukah kamu bagaimana cara menyimpan teh dengan baik? Apa kamu biasa menyimpannya ala kadarnya? Nah, biasanya kerap mengalami simpanan teh kamu itu berjamur? Ini sebenarnya bisa jadi kesalahan terletak pada caramu menyimpan teh.

Meskipun sepele, kenyataannya banyak orang yang tak mengetahui cara menyimpan teh dengan baik. Karena sebenarnya soal kondisi ruangan seperti kesejukan, bau, udara, panas, dan tingkat kelembaban bisa jadi faktor penyebab teh tak awet.

Cara menyimpan teh yang baik

Seduhan teh via Pixabay/ Free Photos
  1. Jauhkan dari bahan apapun yang memiliki aroma begitu kuat
  2. Simpan dalam wadah berwarna buram dan lemari gelap
  3. Pisahkan teh halus dengan teh yang punya aroma kuat
  4. Simpan teh pada kemasan netral yang bebas bau kemudian masukkan wadah tertutup
  5. Hindarkan menyimpan pada tempat lembab, simpan di tempat kering dan jauhkan dari paparan sinar matahari

Tempat penyimpanan teh yang harus dihindari

Teh via Unsplash/ Oriento
  • Selain mengetahui cara menyimpan teh terbaik, maka kamu juga harus tahu kondisi tempat yang harus dihindari untuk menyimpan teh, sebagai berikut.
  • Tempat dengan suhu panas justru akan menurunkan kadar teh. Sehingga hindari meletakkan teh di bawah terik matahari karena bisa membuat aroma dan minyak essensial teh itu menguap. Hindari juga membeli teh dengan kemasan plastik.
  • Menyimpan teh di dalam kulkas justru salah dilakukan. Kondisi lembab dalam kulkas justru akan memudahkan teh jadi berjamur karena teh justru akan mudah menyerap kondisi ini. Bahkan teh akan berubah rasa dan aromanya bila dimasukkan kulkas.
  • Tempat yang harus dihindari untuk menyimpan teh adalah tempat bumbu berbau tajam. Hindari menyimpan teh bersama dengan kopi, lada, pala, atau cengkeh. Bahan-bahan ini termasuk beraroma kuat yang justru bisa diserap oleh teh. Aroma asli justru akan hilang digantikan bau-bau tajam tersebut.

Kesimpulannya nih Cakap People, teh akan mengalami perubahan aroma dan juga rasa bila disimpan pada tempat dan wadah yang salah. Makanya buat kamu pecinta teh, harus tahu betu bagaimana cara menyimpan teh dengan tepat biar bisa menikmati kenikmatan teh favorit.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Orang Tua Wajib Tahu! Ada Banyak Manfaat Olahraga Lari untuk Si Kecil

Hati-Hati! Tak Hanya Rokok, Vape dan Sisha Juga Dilarang di Bogor