in ,

Sepeda Motor Jawa Kembali Diproduksi, Segera Mengaspal di India!

CakapCakap – Para pecinta sepeda motor klasik pasti kenal dengan merek sepeda motor Jawa yang pernah terkenal pada era 1970-an hingga 1980-an. Kini, Jawa Motorcycles akan kembali berkiprah dalam bisnis sepeda motor setelah Classic Legends Pvt Ltd menghidupkan kembali mereka Jawa di India. Anak perusahaan Mahindra Group ini memang punya 60 persen saham, sisa kepemilikan pengusaha Anupam Thareja dan Boman Irani, putra Rustom Irani, pendiri Ideal Jawa pada masa lalu.

Sepeda motor Jawa 300 yang menjadi produksi terbaru Jawa Motorcycles di India. Via auto.ndtv.com

Seperti dilaporkan oleh laman GoOto.com, setelah 22 tahun tak lagi produksi, Jawa Motorcycles akan segera meluncurkan sepeda motor Jawa berkapasitas 300 cc dengan harga Rs 1,55 lakh, atau sekitar Rp 31 juta. Ada tiga model yang akan mereka pasarkan, yakni Jawa , Jawa 42, dan Jawa Perak yang merupakan sepeda motor custom bawaan pabrikan. Sepeda motor ini sendiri akan mengusung jenis cruiser bergaya retro 300 cc, yang bertarung dengan produk Royal Enfield Classic 350 di pasar.

Namun, sepeda motor Jawa 300 cc ini tidak seperti yang asli, karena menawarkan build yang lebih baik, lebih banyak tenaga, dan jarak jok ke tanah lebih rendah. Headlamp bundar, sepatbor dan tangki bahan bakar bulat, sehingga terlihat seperti motor klasik. Detail kecil termasuk pelindung rantai, dan tempat duduk juga menambah tampilan jadul. Sepeda motor ini akan menggunakan mesin 293 cc satu silinder, berpendingin cairan yang menghasilkan tenaga 27 bhp dan torsi 28 Nm. Sepeda motor ini pun dipasangkan gearbox 6-percepatan, serta juga akan ada catalytic convertor.

Produk sepeda motor terbaru Jawa 300 ketika diluncurkan di India. Via auto.ndtv.com

Dari laman Tempo.co, diketahui pula bahwa Jawa menggunakan mesin serupa dengan digunakan Mahindra Mojo, tetapi detail eksterior dan pipa knalpot krom kembar menjadi penanda kemiripan dengan Jawa 250 klasik. Pada area mesin jauh lebih padat dengan sejumlah perangkat tambahan dibandingkan pada motor tua. Jok terpisah dua bagian telah digantikan dengan jok tandem panjang yang akan bisa menambah kenyamanan saat berkendara. Fitur pengereman telah bergaya modern dengan dilengkapi rem cakram depan, peredam kejut belakang bermuatan gas, dan juga ban lebar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Ternyata Ini Dia Segudang Manfaat Brokoli untuk Kesehatan!

Mengapa Harga iPhone di Indonesia Sangat Mahal? Ini Alasannya!