in

Selesai Skripsi Mau Langsung Kerja? Bisa, Ini Kiat Suksesnya!

CakapCakap – Pasca menyelesaikan skripsi maka tahap selanjutnya ialah menunggu prosesi wisuda. Biasanya sembari menanti, Cakap People calon wisudawan dan wisudawati akan mencari kegiatan untuk membuang rasa bosan yang dimiliki. Salah satu caranya dengan mencoba mencari pekerjaan.

Terlebih sekarang ini persaingan di dunia kerja terbilang cukup ketat. Harus ada keterampilan yang kita miliki untuk menunjukkan jika kita unggul dalam berbagai bidang. Meskipun demikian, namun kamu tak boleh pesimis. Tetap lakukan yang terbaik guna memperoleh pekerjaan yang diminati. Berikut kiat-kiat yang bisa kamu lakukan agar mendapatkan pekerjaan usai skripsi.

1. Surat keterangan ikut magang

Ikut kerja magang via Counterculturedusa.com

Biasanya akan ada masa di mana kamu harus mengikuti kegiatan magang dari kampus. Mungkin sekitar tahun ketiga saat perkuliahan. Program ini sangat bermanfaat bagi kamu. Sebab sertifikat yang diberikan oleh pihak perusahaan tempat kamu magang seolah akan menjadi rekomendasi tersendiri bagi perusahaan yang akan kamu lamar. Pilihlah jenis perusahaan yang bonafit sebagai tempat magang. Sehingga kesempatan kamu untuk bekerja pun akan semakin terbuka. Sebab biasanya perusahaan bonafit akan memerlukan tenaga muda yang kompeten.

2. Mengikuti tes TOEFL

Mengikuti tes TOEFL via Englishforall.id

Di zaman yang seperti ini maka kemampuan berbahasa inggris menjadi salah satu ketrampilan yang paling dipertimbangkan oleh pihak perusahaan.  Maka dari itu kamu harus memiliki kemampuan bahasa inggris yang baik serta benar. Keaktifan berbahasa inggris bisa dinilai dari sertifikat TOEFL atau Test of English as a Foreign Language. Biasanya skor yang dikehendaki ialah 500 ke atas. Maka dari itu kamu bisa ikut dalam tes TOEFL agar lebih menarik minat dari manajemen. Untuk biaya dari tes TOEFL pun bervariasi, mulai dari Rp 300 ribu sampai Rp 500 ribu.

3. Mengikuti event job fair dan career develompent

Mengikuti job fair via Knginfo.com

Event semacam itu akan menjadi sarana untuk menambah wawasan kamu terkait dunia kerja. Hal ini sangat penting dan dianjurkan bagi fresh graduate. Alhasil kamu akan memiliki persiapan yang sangat matang untuk terjun ke dunia kerja meskipun statusmu sebagai fresh graduate.

4. Jangan bosan apply pekerjaan via online

Tak bosan melamar pekerjaan lewat online via Kampusious.com

Teknologi sudah berkembang cukup pesat. Bahkan melamar pekerjaan pun bisa dilakukan secara online. Maka dari itu jangan lupa untuk memantau pergerakan dari situs-situs pencari tenaga kerja. Kamu pun bisa mengirim lamaran kerja melalui email. Tentu ini akan hemat biaya bukan?

5. Ikut dalam pelatihan kerja

Ikut pelatihan kerja via Kios3in1.net

Sembari menunggu waktu untuk wisuda, kamu bisa melakukan kegiatan yang bermanfaat berikut. Berbekal pelatihan ini maka skill kamu akan terasah dengan baik. Kamu pun akan memiliki seetifikat yang bisa kamu sertakan dalam lamaran kerja. Sehingga akan memberikan nilai tersendiri dalam lamaran kerjamu.

Bagaimana Cakap People, tentu ini akan membantumu bukan? Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pekerjaan, asal kamu mau berusaha untuk mencarinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Sering Kentut Usai Konsumsi Minuman Bersoda? Ternyata ini Sebabnya

Praktis! Berikut Tips Siapkan Bekal Makanan ke Tempat Kerja