in

Selangkah Lebih Maju, Toyota Kembangkan Teknologi Mobil Berjalan di Bulan

CakapCakap – Teknologi dalam dunia otomotif secara global memang terus berkembang dewasa ini, seiring dengan lahirnya sejumlah inovasi. Salah satu yang paling hangat belakangan ini, seperti yang juga sudah Cakap People ketahui pastinya, adalah perkembangan inovasi mobil ramah lingkungan berteknologi listrik. Perusahaan-perusahaan raksasa otomotif dunia pun berlomba-lomba untuk mengembangkan mobil listrik, baik juga mobil hybrid yang memadukan mesin dan motor listrik.

Toyota sedang mengembangkan teknologi mobil yang bisa berjalan di bulan. Via detik.com

Nah, sedikit berbeda yang dilakukan Toyota, karena perusahaan otomotif asal Jepang itu ternyata selangkah lebih maju dengan mengembangkan teknologi mobil yang bisa berjalan di bulan, seperti dilaporkan oleh laman Okezone.com. Bekerja sama dengan Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) dalam misi penjelajahan ruang angkasa, mobil tersebut dikembangkan Toyota secara khusus ebagai kendaraan eksplorasi para astronot dengan memperkuat kemampuan jelajah cukup jauh.

“Penjelajahan yang akan dilakukan astronot di bulan dibutuhkan kendaraan tangguh, khususnya jarak tempuh. Kami sanggup membuat kendaraan dengan kemampuan tersebut,” ungkap Wakil Presiden JAXA, Koichi Wakata. Mobil itu pun diklaim mampu berjalan sejauh 10 ribu kilometer. Tak hanya itu, mobil sepanjang enam meter dan tinggi 3,8 meter itu juga memiliki kemampuan berjalan di medan ekstrim, seperti wilayah dengan gravitasi minim, kawah, tebing dan bukit. Selain itu, mobil tersebut juga mampu melaju di medan dengan radiasi dan suhu yang lebih tinggi dibanding bumi.

Mobil bulan buatan Toyota ini baru akan digunakan di luar angkasa antara tahun 2029 sampai tahun 2034. Via suara.com

Sistem penggerak mobil ini akan menggunakan 6 roda yang semuanya dilengkapi motor penggerak. Sedangkan kabin mobil bulan ini mampu memuat dua orang, hingga empat awak astronot dalam kondisi darurat. Namun, mobil yang akan menggunakan teknologi sel bahan bakar itu baru akan digunakan di luar angkasa antara tahun 2029 sampai tahun 2034, seperti dimuat dalam laman Suara.com.

“Sebagai seorang insinyur, tidak ada kebahagiaan yang lebih besar dari pada bisa ikut terlibat dalam proyek misi ke bulan dengan menggunakan teknologi pembuatan mobil Toyota,” kata Wakil Presiden Eksekutif Toyota Shigeki Terashi pula menambahkan. Upaya yang dilakukan oleh Toyota ini semakin menunjukkan program Jepang yang termasuk dalam sedikit negara dengan investasi besar-besaran untuk mewujudkan misi ke bulan. Wah, luar biasa teknologinya ya, Cakap People!

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Keren! VW Beetle Ini Disulap Jadi Supercar Setelah Modifikasi Selama 10 Tahun

Crossover Lexus UX 200 Diklaim Cocok untuk Wanita Karier, Ini Kelebihannya!