in ,

Sederhana tapi Nikmat! Berikut Aneka Kuliner Khas Makassar Berbahan Dasar Pisang

CakapCakap – Bicara soal Makassar rasanya tak lengkap tanpa membahas kulinernya. Apalagi kota Daeng ini terkenal dengan kuliner khas yang menggugah selera. Selain Coto Makassar yang begitu populer, Cakap People harus tahu kalau sebenarnya ada banyak makanan khas lain yang diidolakan. Salah satunya jajanan enak berbahan dasar pisang.

Tentu saja ada banyak varian olahan pisang khas Bugis yang jadi favorit sampai saat ini. Bahkan makanan asal daerah Makassar ini banyak digemari pengunjung dari luar kota ataupun mancanegara lantaran keunikan dan cita rasanya. Nah, berikut ini ada deretan makanan berbahan baku pisang yang patut kamu kenali.

1. Pallu Butung

Pallu butung via Resepdanmakanan.com

Olahan pisang khas Bugis yang pertama adalah Pallu Butung. Menu satu ini biasa dijadikan hidangan saat bulan puasa. Sajian sedap satu ini dibuat dari perpaduan pisang ijo dengan campuran bahan lain seperti santan, dan tepung beras. Pallu Butung biasanya bisa disajikan hangat dan dingin dengan menambahkan parutan es.

2. Pisang Ijo

Pisang ijo via Merahputih.com

Kuliner satu ini bisa dibilang sudah begitu populer. Sajian satu ini lebih sering disajikan dalam keadaan dingin dengan tambahan es dan sirup. Potongan pisang berbalut adonan warna hijau ini dicampur dengan kuah yang terbuat dari paduan santan dan tepung beras bersama bahan lain untuk menghasilkan cita rasa luar biasa.

3. Pisang Epe’

Pisang epe via Resepkoki.id

Jajanan satu ini begitu banyak dijumpai di Makassar. Jadi wisatawan akan dengan mudah menemukan salah satu ikon kuliner Makassar. Pisang epe’ ini sendiri disajikan dengan saus berbahan dasar gula aren. namun seiring perkembangan zaman, saus yang digunakan pun makin bervariasi hingga muncul aneka toping.

Pisang Epe’ ini dibuat dari bahan pisang kepok yang kemudian dikupas dan dibakar. Setelahnya pisang ini akan dipipihkan dengan bilah kayu sebagai penjepit. Penyajiannya, pisang ini akan diberi saus gula aren.

4. Barongko

Barongko via Sajiansedap.grid.id

Makanan khas Bugis satu ini termasuk jarang ditemukan secara luas. Pasalnya kuliner tradisional ini biasa disajikan pada acara pernikahan dan tasyakuran. Penampakan pisang ini juga tampak sederhana dibungkus daun pisang. Barongko sendiri dibuat dari bahan pisang yang telah dihaluskan dicampur dengan santan, gula, serta telur. Teksturnya yang lembek membuat proses pembuatannya pun tak mudah.

5. Pisang Peppe’

Pisang peppe via Cookpad com

Sekilas namanya hampir sama dengan Pisang Epe’, namun cara penyajian dan proses pembuatannya berbeda. Pisang yang dipilih pun yang tua namun belum matang. Pisang digoreng setengah atang kemudian digeprek dan digoreng kembali sampai renyah. Uniknya, pisang Peppe’ ini sidajikan dengan sambal lho, Cakap People!

6. Kambeng Pisang

Kambeng pisang khas Makassar via Cookpad com

Eits, meski namanya Kambeng Pisang, bukan berarti bahannya dari daging kambing ya. Sebenarnya olahan makanan khas Makassar ini juga dibuat dari pisang. Hanya saja pisang yang digunakan justru yang sudah tua atau bonyok. Pengolahannya juga unik. Dipotong kecil seukuran dadu, pisang kemudian dicampur dengan campuran terigu dan sagu yang telah dicairkan. Adonan Kambeng pisang yang sudah jadi pun ditata dan digoreng di atas api kecil. Soal rasa, dijamin juara!

Mana nih yang ingin Cakap People coba? Semua kuliner berbahan dasar pisang tersebut jadi kuliner khas Makassar yang bercita rasa nikmat. Patut deh kamu cobain saat berkunjung ke sana.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Siap-Siap! Amazon Bakal Investasi Rp 14 T di Indonesia, untuk Apa Saja?

Wajib Tahu! Olahraga Angkat Beban Lebih Disarankan untuk Kesehatan Jantung