in ,

Sedang Terserang Flu, Masih Bolehkah Berolahraga?

CakapCakap – Olahraga sangat penting dilakukan secara rutin dan teratur untuk memberi manfaat bagi tubuh setiap manusia, terutama menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Lalu, bagaimana jika Cakap People misalnya sedang sakit terserang flu, apakah masih boleh olahraga? Oleh karena ingin menjaga rutinitas dalam berolahraga, meski sedang terkena pilek, mungkin saja masih punya hasrat untuk tetap olahraga. Ternyata berolahraga saat sakit tergantung informasi yang diberikan tubuh.

Saat seseorang terserang flu ternyata masih tetap aman berolahraga. Via hellosehat.com

Hal terbaik yang bisa dilakukan saat sedang terserang flu adalah tetap fleksibel dengan latihan rutin. “Penelitian menunjukkan bahwa saat seseorang terserang flu, dia masih tetap aman berolahraga. Tak ada perbedaan dalam bagaimana tubuh merespons olahraga ketika melawan virus flu. Beberapa peserta dalam penelitian mengatakan mereka merasa lebih baik ketika berolahraga saat sedang flu. Namun, tidak membantu flu jadi lebih cepat sembuh,” jelas Leah Mooshil Durst, seorang asisten di Loyola University Medical Center, Amerika Serikat, seperti dimuat dalam laman CNNIndonesia.com.

Dokter spesialis penyakit menular Catherine Liu di AS juga setuju. “Berolahraga saat pilek atau flu tak menyebabkan komplikasi jika Anda tidak punya masalah medis lain. Tapi saat kamu punya kondisi medis yang mendasari, seperti asma, penyakit jantung, atau penyakit medis lain, sebaiknya periksa dulu ke dokter. Sebab, olahraga dapat memperburuk masalah medis yang mendasari,” ungkap Liu yang juga profesor kedokteran klinis divisi penyakit menular Universitas California, San Fransisco, AS.

Penelitian menunjukkan aktivitas fisik dengan intensitas sedang tidak berdampak pada keparahan flu. Via segiempat.com

Ditambahkan pula dari laman Liputan6.com, penelitian dari Ball State Univesity memperlihatkan jika aktivitas fisik intensitas sedang tak berdampak pada flu. “Jika gejalanya seperti sinus, gangguan pada hidung, tenggorokan, olahraga tidak membantu atau merugikan. Tak masalah berolahraga,” ujar profesor sekaligus direktur Human Performance Lab Appalachian State University, David Nieman.

Sementara, profesor pendidikan kesehatan di Wayne State University, Mariane Fahlman menyebut sebaiknya tidak berolahraga saat demam atau flu. Dia mengatakan, ketika seseorang menderita flu atau demam yang menyebabkan infeksi, sistem kekebalan tubuhnya bekerja keras melawan infeksi itu. Berolahraga bisa menjadi salah satu bentuk tekanan fisik yang membuat sistem imun kian sulit. Jadi, bagaimana menurut Cakap People?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Bisa Dilakukan Kapan Saja, Ini Olahraga yang Aman Bagi Ibu Hamil!

Ternyata Ini Rahasia Tubuh Ideal Ala Meghan Markle, Mau Tahu?