in

4 Langkah yang Harus Dilakukan jika Smartphone Terkena Air

CakapCakap — Cakap people  pasti panik bukan ketika gawai kesayangan terkena air dalam jumlah yang cukup banyak? Ya, smartphone merupakan produk elektronik yang sangat rentan terhadap air. Terkena air sedikit saja, smartphone bisa mengalami kerusakan yang cukup berat. Tapi jangan panik dulu, rupanya ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan ketika gawai terkena air. Upaya-upaya berikut ini mampu meminimalisir terjadinya kerusakan berat pada gawai yang terkena air, lho.

1. Matikan Smartphone

Matikan smartphone via Money ID.

Jika smartphone terkena air, jangan lupa untuk segera mematikan gawai tersebut sesegera mungkin. Hal ini dapat meminimalisir terjadinya kerusakan pada gawai serta menyelamatkan smartphone kamu. Selain itu, mematikan smartphone dapat mencegah terkadinya konsleting serta mencegah masuknya air yang lebih banyak pada partikel elektronik gawai.

2. Lepaskan baterai

Lepaskan baterai via Garuda Cyber.

Langkah kedua yang harus kamu lakukan adalah melepaskan bagian baterai smartphone. Baterai akan mudah rusak jika terkena air, oleh karena itu segera lepaskan cover belakang smartphone dan lepaskan baterainya.

3. Lepaskan SIM card

Setelah itu kamu juga harus segera melepaskan SIM card dan memori eksternal jika ada. Hal ini dilakukan untuk mencegah korosi serta kerusakan data yanga ada di dalam SIM dan kartu memori. Selain itu, melepas SIM card dan kartu memori bisa mempercepat proses pengeringan smartphone

4. Keringkan dengan menggunakan beras

Keringkan dengan beras via Garuda Cyber.

Setelah semua partikel elektronik smartphone sudah aman, maka segeralah keringkan smartphone dengan benda yang memiliki daya serap tinggi. Salah satunya adalah beras. Siapkan semangkuk beras di dalam wadah lalu masukkan smartphone ke dalam wadah tersebut dan diamkan selama beberapa saat. Jika perlu, bolak baliklah smartphone tersebut di dalam beras agar penyerapannya lebih cepat dan sempurna. Kamu juga bisa mengeringkan smartphone di bawah cahaya lampu selama beberapa jam. Setelah dirasa kering, segera nyalakan smartphone kamu.

Nah Cakap people, itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan sebagai upaya penyelamatan smartphone yang terkena air. Jika cara-cara tersebut belum berhasil, segera cari servis center terdekat untuk minta bantuan ya! [ED/RM]

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Jarang Dipakai! Ban Mobil Juga Rentan Kerusakan

Hebat! GoJek Tembus Vietnam dengan Luncurkan GO-VIET