in ,

Rasa Depresi Ternyata Bisa Diusir dengan Sederet Olahraga Ringan Ini

Depresi ternyata bisa diatasi dengan mudah melalui aktivitas berolahraga. Via meramuda.com

CakapCakap – Tekanan dalam aktivitas sehari-hari tidak jarang membuat pikiran menjadi stres, dan bahkan hingga mengalami depresi. Cakap People pun tentu pernah merasakan hal yang sama, baik karena banyaknya tuntutan dalam pekerjaan, atau tugas-tugas semasa masih kuliah. Berbagai cara biasanya akan dilakukan untuk mengusir rasa depresi, misalnya dengan cara mendengarkan musik atau curhat kepada teman. Selain itu, olahraga ternyata juga bisa membantu mengusir rasa depresi.

Depresi ternyata bisa diatasi dengan mudah melalui aktivitas berolahraga. Via meramuda.com

Menurut laman WomanTalk.com, ada beberapa olahraga ringan yang bisa dilakukan untuk mengusir rasa depresi. Salah satunya adalah yoga, yang telah terbukti dapat mengurangi depresi, kemarahan, kecemasan dan gejala neurotik signifikan, seperti dibuktikan dalam sebuah penelitian pada tahun 2007 yang diterbitkan oleh Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine. Bahkan, para peneliti itu pun juga merekomendasikan yoga sebagai pengobatan komplementer untuk depresi.

Penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Psychiatry & Neuroscience juga menemukan bukti bahwa jalan santai juga bisa bekerja seperti antidepresan, yang mengurangi gangguan depresi dengan cara mempromosikan pertumbuhan neuron baru di otak. Jika ingin merasakan manfaat yang lebih banyak lagi, maka bisa mencoba melakukan olahraga hiking di alam terbuka. Aktivitas ini memaksimalkan manfaat kesehatan mental, di mana berada di sekitar tanaman dan pohon juga dapat mengurangi kecemasan, karena memancarkan bahan kimia yang bisa memberikan efek menenangkan pikiran.

Yoga bisa menjadi salah satu pilihan olahraga untuk mengatasi rasa depresi. Via grid.id

Ditambahkan dari laman DokterSehat.com, pakar kesehatan pun mengakui bahwa obat dari depresi bisa dengan melakukan olahraga secara rutin. Bahkan, beberapa penderita depresi menyatakan jika masalah depresinya jauh lebih efektif diredakan oleh aktifitas fisik dibanding dengan obat-obatan. Pasalnya, dengan melakukan olahraga, kadar endorphin, dopamin, dan nerodrenalina dalam tubuh akan meningkat signifikan. Semua hormon inilah yang memiliki peran besar dalam membuat depresi menjadi reda, mengingat hormon-hormon tersebut memang dikenal luas sebagai hormon bahagia.

Secara logika, jika kamu semakin rutin berolahraga, maka hormon-hormon tersebut akan meningkat, dan akhirnya membuat suasana hati jadi jauh lebih tenang. Dengan berolahraga pula jumlah hormon kortisol yang menimbulkan stres akan berkurang signifikan. Makanya ayo berolahraga Cakap People!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Ingat! Jangan Tahan Rasa Haus Karena Terlalu Fokus Olahraga

Rajin Berolahraga? Jangan Lupakan Nutrisi Penting untuk Tubuh