in ,

Rajin Cuci Muka Tetap Jerawatan? Mungkin Ini Penyebabnya!

Cakapcakap- Cakap People! Untuk kamu yang mengalami masalah jerawat, pernah berpikir kenapa masih jerawatan padahal sudah rajin cuci muka? Sudah pakai sabun yang cocok untuk kulit berjerawat, ditambah dengan produk perawatan wajah khusus dan lain-lain, tapi jerawat masih saja rajin muncul dan betah tumbuh di muka.

Ternyata, munculnya jerawat bukan hanya disebabkan oleh rajin atau tidaknya kamu cuci muka, lho. Banyak faktor dari dalam maupun luar tubuh yang juga mempengaruhi intensitas muncul dan bertahannya jerawat di wajah kamu. Ayo coba diingat-ingat lagi yang mana kira-kira penyebab terbesar munculnya jerawat di wajahmu!

1. Kurang Menjaga Kebersihan Benda-Benda di Sekitar

http://Keliatannya%20sih%20rapih,%20tapi%20debunya%20gak%20keliatan.%20(pexels.com/%20Daria%20Shevtsova)

Banyak benda yang seringkali tanpa kamu sadari bersentuhan langsung dengan kulitmu yang dapat menjadi penyebab munculnya jerawat. Contohnya: handuk, sprei kasur dan bantal, boneka-boneka di kasur, mukena, kerudung, telepon genggam dan masih banyak lagi. Kalau kamu kurang menjaga kebesihan dari barang-barang tersebut, kotorannya yang menempel di kulit wajahmu dapat menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat, lho.

2. Kurang Menjaga Kebersihan Rambut

Rambut yang menutupi wajah harus diwaspadai. (pexels.com/ Bennie Lukas Bester)
https://www.pexels.com/photo/photo-of-woman-covering-face-with-her-hair-1159334/

Selain benda-benda di sekitar, yang paling rawan dan paling sering menyentuh kulit wajah adalah rambutmu. Iya, rambut! Rambut yang kotor dan berminyak jika sering dibiarkan menempel pada wajah juga dapat menjadi penyebab munculnya jerawat. Maka dari itu sebaiknya kamu yang memiliki keluhan jerawat di bagian dahi, tidak menggunakan model rambut yang berponi. Rambut yang menutupi area yang berjerawat selain dapat memperlambat penyembuhan juga dapat ‘mentransfer’ bakteri ke kulit jika rambut dalam keadaan kotor.

Namun, jangan lupa membilasnya dengan bersih saat menggunakan produk perawatan rambut. Menurut alodokter, produk perawatan rambut seperti shampo dan conditoner yang kurang bersih saat dibilas juga dapat menyumbat pori-pori wajah sehingga menimbulkan jerawat, lho. Apalagi jika produk tersebut memiliki kandungan minyak yang cukup tinggi.

3. Sering Memencet Jerawat

Sabar ya, jangan dipencetin. (unsplash.com/Scottweb)
https://unsplash.com/photos/UU2PICtxgpA

Percayalah, memencet jerawat bukanlah cara untuk menghilangkannya. Memencet jerawat malah dapat menyebabkan bekas jerawat bahkan muncul jerawat baru. Dilansir dari alodokter, hal ini dikarenakan penyumbatan pori-pori semakin dalam ketika jerawat ditekan atau dipencet. Sehingga penyembuhan jerawat akan lebih lama dari biasanya. Apalagi jika kamu memencet jerawat menggunakan tangan yang kotor.

4. Make-up yang berlebihan dan tidak dibersihkan.

Masih pakai mak-up langsung tidur? Siap-siap ketemu jerawat. (pexels.com/ bruce mars)
https://www.pexels.com/photo/photo-of-a-woman-hugging-a-blue-pillow-935750/

Make up yang berlebihan dan tidak hilang seluruhnya saat dibersihkan dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Oleh karena itu, ketika kamu sedang berjerawat ada baiknya tidak menggunakan make up yang berlebihan, gunakan make up yang bebas minyak, tidak memunculkan komedo, dan dapat menyamarkan jerawat. Jangan lupa juga untuk membersihkan make-up dengan benar-benar berih saat akan tidur.

5. Kurang Menjaga Asupan Makanan

Harus kurangi makan manis. (pexels.com/pixabay)
https://www.pexels.com/photo/bake-bakery-baking-candy-264779/

Orang yang mudah berjerawat lebih baik mengurangi konsumsi beberapa makanan seperti makanan manis dan olahan, makanan yang mengandung banyak minyak, serta produk-produk susu. Kamu yang berjerawat mungkin perlu mengenali kira-kira makanan apa yang dapat menyebabkan jerawat pada wajahmu, karena setiap orang memiliki ‘alergi’ yang berbeda-beda. Sebab ada orang yang langsung muncul jerawat ketika terlalu banyak makan produk olahan susu, namun ada juga yang kuat. Semua ini tergantung kepada diri masing-masing.  Jangan lupa perbanyak makan sayur dan buah serta minum air putih.

6. Terlalu Rajin Mencuci Muka

Jangan cuci muka terus ya. (pexels.com/burst)
https://www.pexels.com/photo/person-washing-his-hand-545014/

Terlalu sering mencuci muka juga bisa menyebabkan munculnya jerawat. Terlalu sering mencuci muka dapat menyebabkan hilangnya minyak alami kulit dan mendorong produksi minyak yang lebih banyak.

Cakap People! Cukup dengan cuci muka sehari dua kali dan menggunakan air hangat atau air bersih. Ditambah dengan pijatan-pijatan pada wajah. Setelah mencuci muka jangan lupa keringan dengan handuk kering yang bersih dengan cara ditepuk-tepuk. Namun, jangan menyeka wajah dengan kain waslap karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit yang berjerawat.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Super Mahal! 6 Mobil Mainan Ini Berharga Fantastis Melebihi Mobil Sungguhan

BMW X4 Resmi Dijual Rp 1,5 M, Produk Terbatas, Berminat?