in ,

Ragam Olahan Nasi Ini Wajib Kamu Cobain Akhir Pekan Ini

CakapCakap – Cakap People pasti setuju kalau nasi sudah menjadi salah satu makanan pokok Indonesia yang enggak bisa dilepaskan. Bahkan, saking melekatnya sampai-sampai ada istilah, “Belum kenyang kalau belum makan nasi.”

Nasi kerap hadir pada menu sarapan, makan siang, hingga makan malam. Olahannya pun semakin beragam dan tak lagi hanya sekedar nasi putih saja. Hidangan nasi Indonesia yang terkenal hingga ke mancanegara adalah nasi goreng. Olahan nasi ini merupakan nasi yang ditumis bersama dengan bahan dan bumbu lain. Isian nasi goreng pun beragam mulai dari daging sapi, daging kambing, seafood, hingga sayur-sayuran. Namun selain nasi goreng, ada hidangan nasi lainnya yang harus kamu cobain, Cakap People!

Nasi uduk

Nasi Uduk via Muslim Obsession
https://muslimobsession.com/wp-content/uploads/2018/09/Nasi-Uduk.jpg

Cakap People, tahukah kamu jika olahan nasi yang satu ini merupakan olahan khas Betawi? Olahan Nasi yang satu ini memiliki citarasa yang yang gurih dan berempah karena dimasak dengan santan. Nasi uduk biasanya dihidangkan dengan berbagai makanan pelengkap seperti  orek tempe, sambal kacang, bihun goreng, gorengan bakwan, dan tentu saja semur jengkol. Tambahkan dengan kerupuk supaya makin nikmat.

Nasi liwet

Nasi Liwet via Selarasa.com
https://selerasa.com/wp-content/uploads/2015/06/images_nasi_nasi_liwet_Resep-Nasi-Liwet-rice-cooker.jpg

Berbeda dengan nasi Uduk, Nasi Liwet ini biasanya dimasak dengan menggunakan kastrol diatas api. Olahan nasi yang satu ini biasanya dimasak dengan teri, daun salam, dan lengkuas. Agar lebih nikmati, kamu bisa menyantapnya dengan ayam, lalapan, tahu, tempe, dan tentu saja sambal.

Nasi kebuli

Nasi Kebuli via Foody.Id
https://media.foody.id/res/g5/42769/prof/s576x330/foody-mobile-kebuli3-jpg-783-635930292579423434.jpg

Cakap People, kalau kamu berpikir bahwa nasi kebuli berasal dari Timur Tengah, itu adalah persepsi yang salah besar. Nggak ada nasi kebuli di Timur Tengah, itulah kenyataanya. Nasi kebuli justru dapat kamu temui di Indonesia dan beberapa daerah di Malaysia. Diperkirakan nasi kebuli pertama kali diperkenalkan orang Kerala, India. Oleh karena kepiawaian orang Kerala memasak mereka dibawa pedagang Gujarat, India ketika berdagang keliling dunia termasuk di Nusantara.

Selain berdagang, orang Gujarat juga menyebarkan agama dan tradisi mereka di Nusantara. Termasuk tradisi makan kebuli bersama. Namun nasi kebuli ala Gujarat atau disebut juga orang Koja lebih disukai orang Betawi karena lebih kaya rempah dan lebih cocok dengan lidah orang Betawi.

Nasi ulam

Nasi Ulam via Pinterest
https://i.pinimg.com/originals/cd/0f/4a/cd0f4a917f0fb35816069bc9f2685a4d.jpg

Selain nasi uduk, ternyata Jakarta juga punya makanan khas lainnya, seperti Nasi Ulam. Buat Cakap People yang belum pernah dengar, Nasi Ulam ini memiliki dua jenis yang berbeda, yaitu basah dan kering.

Nasi ulam kering biasanya berisi nasi putih yang ditaburi serundeng, kacang tanah yang dihancurkan, daun kemangi, serta beragam lauk pauk seperti semur, ayam goreng, ikan pesmol, dan sebagainya. Sedangkan, untuk Nasi Ulam basah ditambahi kuah semur. Endes!

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Mau Olahraga yang Lebih Fun? Coba Main Trampolin Saja!

Cobain 4 Inspirasi Warna Rambut Coklat Untuk Tahun 2019!