in ,

Produsen Jepang Kompak Kerja Sama Kembangkan Sepeda Motor Listrik

CakapCakap – Inovasi di bidang otomotif terus berkembang pesat belakangan ini. Cakap People pun mungkin sudah cukup banyak mengikuti perkembangan kabar terkait kendaraan elektrik yang saat ini mendapat perhatian besar oleh perusahaan-perusahaan otomotif raksasa dunia. Nah, baru-baru ini, empat produsen sepeda motor terkenal dari Jepang, yakni Honda, Yamaha, Suzuki dna Kawasaki pun kompak menjalin kerja sama untuk mengembangkan dan menciptakan sepeda motor listrik.

Empat produsen sepeda motor asal Jepang; Honda, Yamaha, Suzuki dan Kawasaki sepakat bekerja sama dalam produksi sepeda motor listrik. Via doyouknowjapan.com

Seperti dilaporkan oleh Mobimoto.com, empat produsen sepeda motor asal Jepang itu kini telah mencapai kata sepakat dalam memproduksi sepeda motor listrik. Sejauh ini, memang baru Honda dan Yamaha yang sudah mencoba memproduksi sepeda motor listrik. Itu pun, hingga kini belum bisa diproduksi massal. Seperti Honda, yang baru saja memperkenalkan konsep sepeda motor Honda CR250 elektrik di Tokyo Motorcycle Show 2019, dan Yamaha dengan konsep sepeda motor Wabash.

Kabarnya, kerja sama dari empat pabrikan raksasa yang dijuluki ‘The Big 4’ ini bertujuan untuk bisa menyelaraskan sejumlah komponen, seperti charging stations dan infrastruktur lainnya. Dengan kerja sama ini, tentunya akan meningkatkan persaingan dalam kelas sepeda motor listrik. Seperti diketahui, beberapa produsen besar seperti Harley-Davidson sudah mulai berani mengambil langkah memproduksi sepeda motor listrik, yakni Harley-Davidson Livewire untuk meramaikan tren baru ini.

Skutik premium, Honda PCX varian electric vehicle yang pernah dipamerkan Honda di ajang Tokyo Morocycle Show 2018. Via tempo.co

Sebelumnya, pada tahun 2018 lalu, Honda juga sempat dikabarkan bekerja sama dengan Panasonic untuk rencana uji coba pengembangan sepeda motor listrik di Indonesia, seperti yang dilaporkan dalam laman Kontan.co.id. Honda sebagai produsen kendaraan dan Panasonic untuk industri baterai, serta konsultan New Energy Technology Development Organization (NEDO) akan membuat pilot project di Bogor, Bandung, dan Bali, yang dikawal oleh Kementerian Perindustrian RI.

“Saat ini kami masih melakukan evaluasi dan persiapan sesuai dengan global produk yang sudah disampaikan saat pameran di Tokyo Motorcycle Show, Jepang,” ungkap Direktur Marketing PT Astra Honda Motor Thomas Wijaya ketika itu. Honda sendiri saat itu memamerkan skutik premium, Honda PCX varian electric vehicle sebagai produk sepeda motor listrik perdana dari merek. Layak ditunggu nih, Cakap People!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Siap-Siap! Skutik Petualang Honda X-ADV Segera Meluncur Bulan Ini

Ini loh Caranya Bikin Bubur Sumsum yang Lembut Tanpa Bau Tepung!