in ,

Pernah Rasakan Perut Nyeri Setelah Lari? Wajib Baca Informasi Ini

Sebagian orang merasakan nyeri pada perutnya ketika olahraga atau setelah berlari. Via liputan6.com

CakapCakap – Olahraga menjadi aktivitas fisik yang sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Cakap People pun tentunya harus secara rutin menjalani aktivitas berolahraga agar bisa mendapatkan manfaat terbaik dengan maksimal. Namun, memang ada pula orang-orang yang merasa badannya bermasalah setelah berolahraga. Salah satu contoh, ada yang merasakan nyeri pada perutnya setelah melakukan olahraga lari, bahkan juga ketika melakukan olahraga lain.

Sebagian orang merasakan nyeri pada perutnya ketika olahraga atau setelah berlari. Via klikdokter.com

Lalu, apa sebenarnya penyebab rasa nyeri pada perut setelah berolahraga lari tersebut? Ternyata, rasa nyeri di perut setelah olahraga itu dikarenakan adanya peradangan, menurut dokter spesialis kesehatan olahraga dr Angelica Anggunadi SpKO seperti yang dimuat dalam laman Detik.com. “Rasa sakit atau nyeri setelah melakukan aktivitas lari ini ada istilahnya yakni abdominal stretch pain, di mana olahraga yang mengutamakan loncat-Ioncat (termasuk juga lari), nyerinya itu timbul dari peradangan atau cedera pada ligamen penggantung liver,” ungkap sang dokter memberi penjelasan.

Menurutnya, liver yang terletak di perut bagian bawah kanan ditopang dengan semacam benang, atau disebut ligamen. Itu yang membuat perut menjadi nyeri ketika adanya guncangan atau gesekan saat berolahraga. Selain itu, rasa nyeri di bagian perut bisa juga karena faktor lambung, atau karena makan sebelum berolahraga. “Dianjurkan sebelum olahraga kita mengestimasi kurang lebih satu jam sebelum olahraga. Sedang kalau kita makan snack minimal 30 menit sebelum olahraga,” tambahnya.

Rasa nyeri bisa jadi disebabkan oleh adanya guncangan atau gesekan di dalam perut saat berolahraga. Via kompas.com

Namun, rasa nyeri pada perut setelah berolahraga bukanlah gejala dari penyakit tertentu, menurut laman HelloSehat.com. Jika memang merasakan perut yang tidak nyaman selama lebih dari 48 jam setelah melakukan olahraga, maka kemungkinan kamu mengalami beberapa kondisi, seperti otot tegang, hernia, perdarahan, atau maag. Namun, rasa sakit ini pun juga bisa pula ditimbulkan karena makanan dan minuman yang dimakan sebelum berolahraga, apalagi jika jaraknya terlalu dekat.

Makan atau minum terlalu dekat dengan jadwal olahraga memang akan menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan. Oleh karena itu, sebaiknya makan maksimal dua jam sebelum melakukan melakukan olahraga. Selain itu, hindari pula memakan makanan yang sulit dicerna sesaat sebelum olahraga, karena menyebabkan perut tertekan dan timbul rasa sakit. Jangan lupa ya, Cakap People!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Pacaran LDR? 7 Hal Ini Pasti Didambakan Cowok dari Kamu

Tulusnya Perasaan Pasangan Bisa Kamu Lihat dari 5 Hal Ini