in

Pentingnya Konten Marketing Terhadap Bisnis Era Milenial

Persaingan bisnis di era digital mengharuskan para pelakunya untuk terus berlomba menghadirkan inovasi dan gebrakan terbaru demi memancing perhatian khalayak yang akan menjadi calon pelanggan. Bukan hanya dalam hal pengembangan produk, strategi marketing pun juga membutuhkan berbagai inovasi untuk mendukung kemajuan bisnis. Nah, salah satunya adalah dengan melakukan content marketing.

content marketing sendiri adalah berbagai bentuk posting-an yang disajikan di sosial media atau web bagi kamu yang ingin memaksimalkan pemasaran secara online. Bentuk content marketing sendiri bisa berupa teks, gambar, video, infografis, atau konten lainnya yang dipublikasikan di situs atau di media sosial brand kamu.

Sayangnya, belum banyak pelaku bisnis UKM yang belum memahami pentingnya content marketing untuk meningkatkan nilai penjualan. Apa bedanya dengan iklan dan manakah yang lebih efektif meningkatkan nilai penjualan? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Meningkatkan Jumlah Pengunjung dan Mempertahankan Pengunjung Lama dengan Content Marketing

Jika kamu memiliki toko online, maka nggak cukup untuk hanya menampilkan produk-produk yang kamu jual di situs bisnismu. Keberadaan content marketing yang terus di-update sangat penting untuk meningkatkan jumlah pengunjung baru dan juga mempertahankan pengunjung lama.

Google menyukai content baru. Dengan content marketing yang diperbaharui secara rutin, maka website kamu akan lebih mudah terbaca oleh Google. Maka, akan semakin besar peluang website kamu untuk menempati halaman awal Google dan mengundang lebih banyak pengunjung baru ke website kamu.

Di sisi lain, pengunjung lama juga tentunya akan bosan saat mereka kembali ke website kamu dan nggak menemukan sesuatu yang baru. Jika kamu meng-update content secara rutin, akan selalu ada hal baru yang mereka temukan di website kamu, sehingga mereka akan betah berlama-lama di website kamu, terutama jika content yang kamu tampilkan memiliki nilai atau aspek yang menarik.

Membangun Brand Awareness dan Kepercayaan Pelanggan

Melalui content marketing, kamu juga bisa membuat usahamu lebih dikenal oleh khalayak ramai. Selain itu, content marketing juga dapat membantu meningkatkan kepercayaan pelanggan pada produk atau jasa yang kamu jual. Melalui content marketing yang menarik dan diperbaharui* secara rutin, kamu bisa menyampaikan nilai-nilai yang ingin kamu terapkan pada usahamu ataupun berbagai informasi terkait produk-produkmu.

Dari situ, masyarakat akan bisa memberikan penilaian terhadap usaha dan produkmu sehingga bisa membangun kepercayaan terhadap bisnismu. Orang akan mulai menyadari keberadaan brand kamu, mengenali karakter dan nilai-nilainya, hingga akhirnya menaruh kepercayaan pada produk-produk yang kamu jual.

Membangun Komunitas dengan Melibatkan Pelanggan

Melalui content marketing yang menarik, akan terbangun engagement atau keterikatan antara brand dan pelanggan. Selain memberikan informasi mengenai produk dan menyampaikan nilai-nilai brand, kamu juga bisa lebih banyak melibatkan pengunjung agar mereka merasa menjadi bagian dari brand kamu atau topik yang kamu usung.

Misalnya dengan mengadakan FAQ (Frequently Asked Question) yang mengizinkan pengunjung atau calon pelanggan menanyakan hal-hal mendetil yang belum kita sampaikan, kemudian mempublikasikannya sehingga pelanggan lain yang memiliki pertanyaan serupa bisa mendapat jawabannya. Bisa juga mengadakan polling mengenai produk terbaru agar pelanggan merasa dilibatkan.

Menyediakan Informasi yang Dibutuhkan Calon Pelanggan

Jika iklan hanya akan menampilkan produk atau jasa yang kamu jual beserta kelebihan-kelebihannya, content marketingdapat berperan lebih sebagai ulasan untuk produk tersebut. Dengan begitu, calon pelanggan akan mendapatkan berbagai informasi yang mendetail mengenai setiap produk yang kamu jual.

Nggak hanya itu, content marketing juga perlu untuk memberikan informasi mendetail mengenai promo-promo tertentu yang kamu adakan. Jika dalam banner dan poster kamu hanya akan menampilkan informasi-informasi singkat sekedar untuk menarik perhatian pelanggan, di dalam content marketing dalam bentuk artikel dan video kamu bisa menjelaskan lebih mendetail mengenai mekanisme promo dan berbagai keuntungan yang bisa didapat. Sehingga, pelanggan akan semakin yakin untuk membeli promo yang kamu tawarkan.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Produsen Kamera Go Pro Terus Merugi, Ini Penjelasannya

Cerita Kerajaan Gowa, Sewaktu Raja ke-37 Mangkat