in ,

Penting Bagi Kaum Millennial! Tidur Siang 10 Menit Bisa Tingkatkan Produktivitas Kerja

CakapCakap – Tidak semua orang bisa sempat untuk tidur siang, apalagi bagi mereka yang bekerja atau pun sedang sekolah. Aktivitas tidur siang ini biasanya hanya bisa didapatkan ketika liburan saja. Namun, sebenarnya jika bisa memanfaatkan waktu dengan baik, kaum millennial termasuk Cakap People yang bekerja bisa tidur siang ketika jam istirahat. Tidur siang pun juga hanya membutuhkan waktu yang cepat dan tak terlalu lama. Apalagi, tidur siang ternyata memberikan banyak manfaat.

Durasi tidur siang selama 10-20 menit sangat ideal untuk meningkatkan fokus dan produktivitas kerja. Via kampusilmu.com

Durasi tidur siang selama 10-20 menit sangat ideal untuk meningkatkan fokus dan produktivitas kerja, seperti dilansir oleh laman Merdeka.com. Para peneliti menemukan fakta bahwa tidur siang yang dilakukan selama 10 menit mampu mengatasi kesulitan tidur, rasa kantuk, kelelahan, krisis semangat, dan kinerja kognitif. Namun, tidur siang ini harus dilakukan secara konsisten, cepat dan dalam kondisi ruangan gelap. Sedangkan durasinya disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Durasi waktu tidur siang juga menentukan manfaat lainnya yang bisa didapatkan. Tidur siang selama 30 menit misalnya, dapat memperbaiki dampak hormonal akibat kekurangan tidur pada malam hari. Memperoleh tidur siang selama 60 menit juga akan membantu kamu jadi lebih segar. Tidur siang 60 menit ini akan membantu mengingat fakta, wajah dan nama seseorang, selain bisa meningkatkan fokus hingga 10 jam. Sedang tidur siang 90 menit akan membersihkan pikiran dan meningkatkan daya ingat. Namun, tidur siang dengan durasi lama ini tentu hanya mungkin dilakukan saat liburan.

Waktu tidur siang yang baik adalah tengah hari sekitar jam 2-3 sore. Via shopee.co.id

Untuk mendapatkan manfaat yang tepat dari tidur siang, maka tidur siang sebaiknya memang hanya dilakukan 10-30 menit, seperti dikutip dari laman HelloSehat.com. Karena semakin lama tidur siang, maka semakin besar kemungkinan akan merasa uring-uringan setelah bangun. Waktu tidur siang yang baik sendiri adalah tengah hari sekitar jam 2-3 sore. Ini adalah waktu ideal karena mungkin saja mengantuk setelah makan siang. Selain waktu itu, maka bisa mengganggu waktu tidur di malam hari.

Selain itu, perlu diketahui juga bahwa tempat tidur siang yang baik adalah tempat yang tenang dan gelap dengan suhu kamar yang nyaman dan tidak terlalu bising. Setelah tidur siang, sebaiknya juga jangan buru-buru bangun dan beraktivitas lagi, karena bisa membuat sakit kepala dan uring-uringan. Selamat tidur siang, Cakap People!

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Perhatian, 5 Makanan Ini Tak Boleh Masuk Kulkas! Mengapa?

Ingin Berhenti Mendengkur Saat Tidur? Lakukan 4 Cara Berikut Ini!