in ,

Penting Bagi Generasi Millennial! Lari 15 Menit Bisa Bantu Cegah Depresi

CakapCakap – Olahraga memang memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh manusia. Cakap People yang rutin berolahraga secara teratur tentu juga sudah merasakan manfaatnya. Bahkan, manfaat dari berolahraga bukan hanya untuk fisik saja, tapi ternyata juga dapat menyehatkan jiwa manusia. Bahkan, olahraga sederhana seperti berlari saja bisa membantu untuk meningkatkan kondisi mental seseorang, termasuk mencegah terjadinya depresi yang kini banyak dialami oleh generasi millennial.

Berlari selama 15 menit ternyata dapat menurunkan risiko berkembangnya depresi. Via merdeka.com

Seperti dilaporkan laman Merdeka.com, peneliti telah menemukan fakta bahwa olahraga ternyata dapat mencegah depresi. Dalam penelitian yang dipublikasikan di jurnal JAMA Psychology itu disebut bahwa mengganti aktivitas tak bergerak dengan bergerak selama 15 menit dapat menurunkan risiko berkembangnya depresi. Penelitian ini memperkuat temuan sebelumnya tentang hubungan aktivitas fisik dengan kesehatan mental, di mana secara khusus ternyata dapat menurunkan risiko depresi.

“Tingginya tingkat aktivitas fisik telah dihubungkan dengan turunnya peluang dari depresi berat,” jelas penelitian tersebut. Temuan menarik yang juga didapat dari penelitian ini adalah bahwa tidak ada pengaruh meski seseorang pernah mengalami depresi. Selama seseorang tetap bergerak aktif, maka depresi ini tetap dapat ditekan. Namun, perlu diingat bahwa olahraga ini pun harus dilakukan secara intensif dan cukup berat. Pasalnya, jika olahraga yang dilakukan cukup ringan, seperti hanya berjalan kaki, maka butuh waktu hingga satu jam setiap hari untuk menimbulkan efek yang sama.

Berlari membantu tubuh menciptakan lebih banyak hormon yang bisa meningkatkan suasana hati, harapan, dan rasa percaya diri. Via hellosehat.com

Berlari sendiri memang termasuk salah satu olahraga yang mampu memberi rasa senang, sehingga mengurangi stres, seperti dimuat dalam laman Kompas.com. Namun, manfaat berlari bukan hanya sekedar euforia sesaat yang memang dialami oleh para pelari. Berlari ternyata juga menjadi salah satu cara terbaik untuk mengatasi stres, insomnia, kecemasan, depresi, dan bahkan kecanduan. Lari pun bisa menjadi obat alami yang murah dan sederhana untuk meningkatkan kesehatan mental.

Terkait dengan manfaatnya mengurangi gejala depresi, berlari membantu tubuh menciptakan lebih banyak hormon yang bisa meningkatkan suasana hati, harapan, dan rasa percaya diri. Berlari juga memicu pelepasan endorfin, antidepresan alami tubuh yang dapat menyebabkan perasaan euforia. Berlari juga dapat mengalihkan perhatian penderita depresi, memberi pengalihan dari pikiran negatif yang menjadi penyebab depresif mereka. Nah, mulai sekarang mari rajin berlari ya, Cakap People!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Inilah Penampakan Sumpit Termahal di Dunia Seharga Hampir Rp2 Miliar

Keren, 5 Kampus Ternama Tanah Air Masuk Daftar Universitas Top Asia Pasifik!