in ,

Pengen Ikutan Lomba Blogging? Ini Hal yang Wajib Kamu Ketahui

Lomba blogging kini semakin marak diadakan di masyarakat sehingga udah nggak asing lagi di era internet. Setiap bulannya, kita bisa menemukan kompetisi ini bertebaran di mana-mana. Mulai dari brand komersial, komunitas, dan berbagai pihak kini sudah semakin sering mengadakan kegiatan yang menarik perhatian para blogger ini. Jadi, nggak ada bulan tanpa lomba blog.

Dengan banyaknya kesempatan untuk mengikuti lomba blog, makin besar juga kesempatan kamu untuk unjuk gigi berkenaan dengan skill menulismu. Tapi, walaupun sudah memiliki skill yang mumpuni, kadang kemenangan tetap jauh dari mata. Well, jangan khawatir! Kekalahan itu adalah kemenangan yang tertunda. Biar kamu tetap semangat mengikuti lomba blog, cakapcakap sudah merangkum beberapa hal yang harus kamu cari tahu sebelum mengikuti lomba  blogging. Ini dia tipsnya:

Blogging via pexels.com

1. Cari Tahu Kemampuanmu

Hal pertama yang harus kamu perhatikan sebelum mengikuti lomba ialah mengerti kemampuan diri sendiri. Yup, kamu harus mengetahui sebatas mana kamu bisa memahami perlombaan yang bakalan diadakan, seperti produknya, topik yang harus dibuat, dan hal teknis lainnya yang mengharuskan kamu mengerti lebih banyak tentang produk dan layanan penyelenggaraan lomba.

Contohnya saja, kalau ada lomba yang mengangkat tema otomotif, kamu nggak perlu memaksakan diri buat ikutan lomba dengan tema tersebut jika kemampuanmu hanya terbatas dalam bidang perkebunan. Cukup ikuti lomba blog sesuai dengan kemampuan dan pengetahuanmu aja. Kalau kamu ahli dalam tema lifestyle, seperti makeup, maka ikutilah lomba yang memiliki tema yang sama.

Tapi, kalau kamu memang seseorang yang senang belajar hal baru dan suka tantangan. Kamu bisa saja iktuan lomba yang berada di luar zona nyamanmu. Hitung-hitung untuk menambah pengalaman dan meningkatkan kemampuan menulis kamu.

2. Cermati Peraturan Lomba Tersebut

Cermati peraturan lomba via rd.com

Ini poin yang paling mendasar, tapi sering kena skip sama banyak peserta. Yup, peraturan lomba tersebut. Perhatikan semua peraturan lomba tersebut hingga detail-detailnya.

Misalnya, kamu disuruh ikuti semua akun media sosial sang penyelenggara, ya kamu harus follow. Kalau kamu suruh pasang banner di sidebar, maka pasanglah. Karena nggak menutup kemungkinan kalau salah satu alasan kamu belum bisa memenangkan lomba tersebut adalah karena kamu nggak mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku. Nah, makanya coba cek lagi, deh, apa saja syarat dan ketentuan yang berlaku dalam lomba tersebut.

 3. Perhatikan Konten yang Kamu Tulis

Perhatikan konten tulisan via custard.co.uk

Konten sebuah tulisan jadi poin tertinggi dalam sebuah lomba. Kamu harus jeli apa yang diinginkan oleh penyelenggara. Misalnya saja kritikan, _review_, sanjungan, atau promosi? Jangan sampai kamu salah menulis. Gunakan bahasa yang mudah dicerna. Jangan terlalu kaku, tapi juga jangan terlalu gaul karena pembacanya beragam. Kadang sebuah tulisan akan dinilai dari jumlah komentar yang masuk. Untuk itu, kamu harus berusaha semaksimal mungkin untuk mempromosikan tulisanmu melalui link media sosial untuk meminta temanmu memberikan komentar yang positif.

Ada juga lomba menulis yang pemenangnya ditentukan oleh jumlah vote. Vote terbanyak akan jadi pemenang. Sistem ini sering sekali membuat ribut para penulis. Karena kualitas isi konten mungkin sedikit diabaikan. Kemungkinan besar, pemenangnya adalah sesorang sosialita yang temannya banyak. Kalau yang kayak gini, kamu harus pintar-pintar cari celah. Misalnya saja, kamu bisa menjaring para voters lewat media sosial atau komunitas yang kamu kenal.

4. Kenali Juri yang akan Menilai Tulisanmu 

Mengenali juri via msecnd.net

Beberapa lomba blog biasanya mencantumkan deretan juri yang akan menilai tulisanmu. Nah, kalau kamu sudah tahu siapa saja jurinya? Coba, deh, berselancar ke internet lalu cari tahu soal tulisan dan aktivitas mereka supaya kamu tahu bagaimana arah juri akan menilai.

Misalnya saja, juri sering sekali membuat artikel yang lebih ke arah lifestyle dengan bahasa yang enak dan terkesan sedikit gaul. Maka, ada baiknya kamu membuat artikel yang bisa menyesuaikan dengan apa yang diinginkan juri. Ini akan menjadi nilai tambahan untuk kamu.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Target Hidup Gagal Mulu? Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Bangkit Segera

Diet CICO? Pola Makan Kekinian Berikut Keuntungan dan Resikonya