in ,

Pengalaman Tak Terlupakan Mendaki Gunung Bulusaraung di Sulawesi Selatan

Pesona alam Sulawesi Selatan bisa menjadi sebuah pertimbangan untuk kamu yang hobi menjelajagi alam. Pasalnya, provinsi ini punya keindahan alam yang komplit. Tak hanya dari air terjun dan pantai yang indah, namun juga gunung yang menjulang tinggi menjadi salah satu pilihan wisata alam yang bisa kamu sambangi.

Adalah gunung Bulusarung yang memiliki sensasi mendaki gunung yang lain dari wisata yang ada di Sulawesi Selatan. Dengan ktinggian 1.535 meter di atas permukaan laut, gunung ini menyuguhkan tantangan dan petualangan yang nggak akan bisa Sobat Millenial lupakan. Gunung ini juga masuk ke dalam kawasan Taman nasional Bantimurung Bulusaraung yang terkenal sebagai habitat dari berbagai macam jenis kupu-kupu.

Mendaki Gunung Bulusaraung

Gunung Bulusaraung Sulawesi Selatan via indonesiakaya.com

Gunung ini memiliki ketinggian 1.353 mdpl, jadi nggak heran ya kalau gunung ini menjadi salah satu gunung favorit para pendaki di Sulawesi Selatan selain Bawakaraeng. Lokasinya nggak terlalu jauh dari pusat Kota Makassar, jadi jangan khawatir tentang “gimana ya sampai kesana?” karena perjalanan menuju ke sana cukuplah mudah. Jarak tempuh yang kamu lalui juga hanya membuthkan 2,5 jam saja dari pusat kota ke basecamp. Awal pendakian mulai dari Desa Tompobulu, Kec. Balocci, Kab. Pangkep.

Ketika kamu sudah sampai, kamu bisa langsung mendaki atau mungkin bisa juga jika mau leyeh-leyehdahulu sebelum perjalanan yang melelahkan dimulai. Gunung Bulusaraung memiliki 10 pos antara  basecamp hingga puncak gunung. Puncaknya sendiri adalah Pos 10, dan pos sebelumnya yaitu Pos 9 adalah camping ground yang bisa dipakai pendaki untuk mendirikan tenda. . Mata air bisa ditemukan di dekat lokasi kemah, namun harus berjalan sekitar 5 menit dengan medan agak menurun. Jarak antar pos rata-rata setengah jam dengan tempo jalan kaki normal.

Medan terjal dan tak mudah Gunung Bulusaraung bakal menguji ketahanan fisik pendaki via indonesiakaya.com

Jalur menuju puncak Gunung Bulusaraung dipenuhi oleh bebatuan dengan medan yang cukup terjal. Jalur ini tentu akan menguji ketahanan fisik dari para pendaki. Gunung Bulusaraung memiliki sepuluh pos peristirahatan termasuk pos terakhir yang berada di puncak. Pos kesembilan biasanya digunakan sebagai tempat berkemah bagi para pendaki yang ingin menikmati momen matahari terbit di puncak gunung.

Perjalanan dari pos kesembilan menuju puncak Gunung Bulusaraung memakan waktu sekitar tiga puluh menit. Puncak dari Gunung Bulusaraung ditandai dengan adanya pemancar radio milik BTNBB. Dari atas puncak, pendaki dapat menyaksikan pemandangan indah dari hamparan Karst Maros yang menjadi bonus pendakian ke gunung ini.

Gimana, apakah Sobat Milenials sudah merasa penasaran? Yuk, langsung renacanakan perjalananmu ke Makassar sekarang juga!

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Mengenal Kava, Minuman Sehat Pengusir Stres Ala Anak Gaul New York

Ini Lho 5 Warna Hijab yang Wajib Ada di Lemari Para Hijabers