in

Sudah Berhenti Merokok Tapi Tergoda Kembali? Ini Cara Mengantisipasinya

Merokok merupakan salah satu kebiasaan yang tidak baik, sebab dapat merusak kesehatan tubuh dan memicu terjadinya beberapa penyakit yang serius. Banyak orang yang merasa kecanduan dengan merokok, sehingga seringkali terbilang sulit untuk membuat seseorang berhenti melakukan kebiasaan tersebut.

Ada juga mereka yang berhasil menghentikan kebiasaan tersebut dengan susah-susah gampang. Lalu bagaimana jika tergoda kembali untuk merokok? Maka kamu dapat mengantisipasinya dengan tips jitu berikut ini.

Mengganti kebiasaan merokok

Berolahraga via hai.grid.id

Sebaiknya kamu mulai mengalihkan kebiasaan dari merokok ke kebiasaan yang baru. Misalnya saja kamu menemukan hobi baru seperti olahraga, memainkan game, menonton acara televisi, berkebun atau meluangkan waktu bersama para kerabat hingga sahabat. Jika kamu sedang berada dalam tahap berhenti merokok maka rasanya kamu akan seperti mempunyai hasrat atau keinginan untuk memasukkan sesuatu ke mulut. Hal tersebut karena kamu terbiasa menghisap batang rokok.

Agar terhindari dari menghisap rokok kembali, maka kamu dapat mencoba untuk mengkonsumsi permen karet yang bebas dari gula. Sehingga hal tersebut lebih menyehatkan bagi tubuh. Kamu juga dapat mengkonsumsi air dingin menggunakan sedotan, sebab cara tersebut dinilai dapat membuat dopamin terlepas. Dopamin merupakan bahan kimia otak yang mampu membuat suasana hati yang buruk menjadi lebih ringan.

Kenali apa yang memicu rasa ingin kembali merokok

Hasrat merokok via okezone.com

Biasanya para perokok ingin kembali merokok guna lari dari stres. Apabila kamu ingin kembali merokok lantaran stres maka larilah ke suatu hal yang lebih positif seperti berolahraga. Namun jika kamu stres lantaran berhenti merokok, maka ingatlah jika stres akan lebih berkurang jika kamu berhenti merokok hal tersebut telah dibuktikan melalui sejumlah riset dimana mantan perokok merasa lebih bebas dari stres jika dibandingkan dengan mereka yang masih merokok aktif.

Telaten gosok gigi

Telaten gosok gigi via kitamuda.id

Jika dulunya kamu seorang perokok aktif, maka kamu akan memiliki bau nafas yang agak apek seperti bau rokok. Oleh karena itu, rutinlah untuk menggosok gigi agar nafas dapat menjadi lebih segar dan gigi pun menjadi lebih bersih. Jika kamu rutin melakukan kebiasaan tersebut, maka rasanya akan sayang jika kamu kembali merokok dan mengotori nafas serta gigimu lagi.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wajib Tahu, Inilah Manfaat dari Vitamin K Bagi Tubuh

Alami Bullying Gara-gara Bertubuh Gemuk? Ini Tips Menghadapinya