in

Ojol Juga Manusia! Yuk, Jadi Penumpang Menyenangkan, Caranya?

Cakapcakap – Cakap People! Ada beberapa orang yang masih belum bisa memberikan apresiasi yang baik kepada para pengemudi transportasi online yang sudah memberikan pelayanan terbaiknya. Padahal tanpa disadari, merekalah yang telah memudahkan segala urusan keseharian kita. Nah, untuk menjadi penumpang yang menyenangkan, hal apa saja sih yang bisa diberikan kepada driver tranportasi online sebagai bentuk apresiasi? Yuk, simak!

1. Biasakanlah Ucapan  “Terimakasih”, “Tolong”, dan “Maaf” 

Kalimat yang sering dilupakan. (pexels.com/Gratisography)
https://www.pexels.com/photo/light-sign-typography-lighting-519/

Mengucapkan ‘terimakasih’, ‘tolong, dan ‘maaf’ adalah cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mereka yang telah membantu memudahkan kita. Misalnya, ucapkanlah ‘terimakasih’ saat kamu diberi helm oleh driver motor transportasi online, saat mereka menunggu, saat dibukakan pintu mobil dan lainnya. Apalagi ketika kamu membutuhkan bantuan lain, ucapkanlah ‘tolong’ atau ‘maaf’. Ucapan tersebut akan membuat mereka nyaman dan merasa dihargai.

2. Jangan Melakukan Pembatalan Semaunya

Pesan banyak-banyak, eh dibatalin. (pexels.com)
https://www.pexels.com/photo/action-adult-bike-biker-417005/

Cakap People! Jika kamu sedang memesan transportasi online untuk pergi ke suatu tempat dan tiba-tiba terpaksa harus membatalkan pesanan, batalkanlah dengan cara yang sopan. Minta maaf dan jelaskan alasan kamu membatalkan.

Jangan pernah membatalkan pesanan makanan ketika driver sudah mengonfirmasi bahwa makanan sudah dipesan atau sedang diantar. Kecuali kamu memutuskan kalau makanan itu untuk sang driver dan tetap kamu yang membayar.

3. Jangan Memberi Rating Buruk dengan Alasan yang Aneh

Rating yang buruk untuk sikap dan pelayanan yang buruk. (pexels.com/ Jan Prokes)
https://www.pexels.com/photo/angry-bad-john-art-black-and-white-emotion-709732/

Misalnya, memberi rating buruk kepada driver setelah memesan makanan dan rasa atau bentuk makanannya tidak sesuai. Itu bukan salah driver, langsung saja hubungi customer care restoran atau tempat kamu memesan makanan.

Alasan aneh lainnya adalah memberi rating buruk karena driver tidak memiliki uang kembalian. Nah, sebaiknya menyiapkan uang pas atau nominal yang sekiranya driver memiliki uang untuk kembalian.

Intinya, setiap kekurangan yang bukan disebabkan oleh driver seharusnya tidak menjadi alasan untuk memberikan rating rendah kepada mereka. Apalagi jika hanya didasarkan pada emosi sesaat, kamu memberi rating terkait fisik pengemudi atau kendaraan dengan alasan seperti “wajahnya seram”, “motornya jadul”, dan semacamnya.

4. Jangan Jadi Penumpang Jorok

Jadi Penumpang yang Menghargai Pengemudi. (pixabay/free-photos)
https://pixabay.com/en/man-car-passenger-male-vehicle-802120/

Jika kita menjadi penumpang mobil tranportasi online, jangan pernah meninggalkan atau buang sampah sembarangan apalagi hal-hal jorok seperti tisu bekas membuang ingus atau bekas permen karet di dalam mobil.

Tunjukkan bahwa kamu adalah orang yang menghargai usahanya untuk menjaga kenyamanan dan kebersihan mobil supaya penumpang lain setelah kamu juga nyaman.

Yuk, memulai kebiasaan-kebiasaan sederhana yang membahagiakan ini!

 

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Merinding! Grammys 2019 : Raih Tiga Penghargaan, Ini Dia Pidato Emosional Lady Gaga tentang Kesehatan Mental

Ini Dia Minuman Kekinian Favorit Orang Indonesia. Nomor 1 Pasti Favorit Kamu