in ,

Musim Hujan Sudah Datang, Ini Jenis Helm yang Paling Cocok!

Berkendara saat musim hujan, jangan hanya memperhatikan kondisi sepeda motor saja, tetapi juga jenis helmnya. Via liputan6.com

CakapCakap – Musim hujan sudah datang. Bagi para pengendara sepeda motor, banyak hal yang harus diperhatikan untuk berkendara di musim hujan. Tidak hanya soal keselamatan ketika dalam berkendara dan perawatan sepeda motor, tetapi juga jenis helm yang akan digunakan. Ternyata, memang tidak semua helm bisa cocok digunakan pada saat musim hujan. Oleh karena itu, Cakap People yang biasa mengendarai sepeda motor, harus mengetahui pula jenis helm apa yang cocok.

Berkendara saat musim hujan, jangan hanya memperhatikan kondisi sepeda motor saja, tetapi juga jenis helmnya. Via liputan6.com

Seperti dimuat dalam laman GridOto.com, selain melindungi bagian kepala, saat berkendara dalam kondisi hujan helm juga punya fungsi tambahan. Helm membuat bagian kepala bebas dari basah, dan juga membantu menjaga penglihatan kala hujan dengan ada visor. “Paling baik tentu memakai helm model full face. Bukan model half face, open face atau jenis serupa yang tanpa visor,” ungkap Farukh Achmad, Outlet Manager GIVI Point Serpong soal helm yang cocok dipakai saat musim hujan.

“Alasannya karena helm full face dilengkapi visor dan bagian depan menutupi muka pengendara. Ini membuat pengendara aman dari cipratan air,” tambahnya. Kondisi visor di helm juga ikut menjadi penentu saat berkendara dalam keadaan hujan. Oleh karena itu, pastikan kondisi visor mulus agar cepat mengalirkan air hujan. “Gunakan visor clear dan hindari pemakaian visor gelap atau berwarna. Sebab, bisa mengganggu penglihatan terutama saat kondisi hujan lebat,” kata Farukh. Supaya lebih maksimal, bisa tambahkan lapisan anti kabut berupa cairan khusus agar air hujan tidak menempel.

Helm jenis full face sangat disarankan untuk digunakan ketika berkendara pada musim hujan. Via blog.goo.ne.jp

Menggunakan cairan khusus atau pinlock memang cukup penting ketika berkendara di musim hujan, agar bisa mengatasi kabut atau embun yang muncul pada visor di helm. Masalah ini pun sudah bisa ditanggulangi dengan fitur anti-fog ditemui pada helm-helm modern. “Saat hujan baiknya siapkan anti-fog, misal produk pinlock. Tinggal diganti visor dengan yang ada anti-fog. Pandangan jadi tidak terhalang embun,” ucap pengurus komunitas Belajar Helm, Salcomo Eato di laman Kompas.com.

Dengan begitu, pandangan yang tidak terhalang apapun akan sangat berpengaruh pada keselamatan pengendara di jalan raya, terutama pada musim hujan. Nah, ini bisa jadi perhatian Cakap People ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Penting! Bangun Kebiasaan Sebelum Lari Marathon Bagi Pemula

Luar Biasa! Mobil Mewah Ini Ternyata Dibuat dari Jet Pribadi