in ,

Motor Sulit Menyala Saat Pagi? Kamu Wajib Cek 3 Komponen Berikut!

CakapCakap – Motor merupakan salah satu alat transportasi yang sangat mudah digunakan untuk bepergian. Terlebih, jika pagi hari hendak digunakan untuk pergi bekerja atau sekolah. Maka lebih mudah dan efisien jika menggunakan motor. Sebab, di kota-kota besar bisa menembus kemacetan. Bahkan motor juga dapat melenggang melalui gang demi gang agar tak terkena macet. Setuju Cakap People?

Namun, sama seperti jenis kendaraan lain. Motor juga bisa saja mengalami masalah. Salah satu masalah umum yang terjadi ialah motor sulit menyala saat pagi hari. Tentu ini merupakan masalah yang terbilang besar. Belum lagi jika kita terburu-buru agar segera sampai di tempat tujuan. Namun, jika masalah ini menimpa kamu jangan khawatir. Langsung cek 3 komponen berikut ini!

1. Busi

Masalah yang mungkin muncul pada busi via Sebelah.id

Apabila kamu salah satu orang yang gemar melakukan agenda servis pada motor, maka kamu tak akan menemui kesulitan pada bagian busi. Sebab, busi harus rutin diganti. Jika tidak, maka busi yang sudah tua dapat berpengaruh terhadap kinerja motor. Apalagi jika busi sudah berwarna kehitaman serta punya celah longgar. Maka harus segera diganti. Umumnya, beberapa pabrik menganjurkan guna mengganti busi pasca menempuh jarak 20.000 km.

2. Celah klep

Perhatikan tingkat kerenggangan pada klep via Medcom.id

Coba kamu ingat-ingat, kapan terakhir kali celah klep diatur pada motor milikmu? Ini yang menjadi salah satu penyebab mengapa motor sulit dinyalakan. Sebab, bisa jadi kamu jarang mengatur tingkat kerenggangan pada komponen celah klep. Apabila celah klep terlalu renggang, maka motor akan jadi susah dinyalakan. Komponen celah klep yang renggang ini akan menjadikan aliran bahan bakar ke bagian bakar jadi lebih sedikit. Oleh karena itu mesin akan susah dinyalakan.

3. Karburator

Kondisi karburator via Autos.id

Komponen ini merupakan letak suplai paduan bensin dan udara di bagian ruang bakar. Sehingga memiliki fungsi penting guna menghidupkan mesin. Di kala pagi, udara terbilang dingin. Sehingga menjadikan karburator sulit untuk memberikan paduan bensin dan udara yang ideal pada ruang bakar. Oleh karena itu, kamu perlu membuka bagian tuas choke di saat hendak menghidupkan mesin. Berbekal choke, maka debit bensin akan lebih banyak. Sehingga aktivitas pembakaran dalam mesin jauh lebih mudah ketika baru dihidupkan.

Guna mendapatkan mesin motor yang bagus, maka Cakap People harus merawat komponen dalam kendaraan dengan baik. Seiring dengan berjalannya waktu, motor semakin berumur. Oleh karena itu, diperlukan perawatan yang tepat agar mesinnya tak rusak. Selain itu, tata cara merawatnya juga diperhatikan. Gantilah ketiga komponen di atas dengan rutin.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Sering Bawa Gadget ke Toilet? Ini Bahaya yang Mengancam!

4 Masalah Ini Biasa Terjadi pada Smartphone Android