in ,

Meski Ilegal, Lagu KPop Mulai Bisa Didengar di Korea Utara

Berada di bawah pemerintahan yang komunis, lebih dari 40 tahun lamanya, lagu KPop secara resmi telah dilarang untuk didengarkan di Korea Utara. Namun berkat adanya Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang, keadaan mulai berubah dimana lagu-lagu KPop dari Korea Selatan mulai diperdengarkan di ruang publik Korea Utara. Beberapa netizen sendiri berharap agar hal ini bisa membawa pengaruh yang baik dan pada akhirnya 2 negara di semenanjung Korea ini bisa bersatu kembali.

Band Korut “Samijyon Orchestra” memainkan beberapa lagu dari Korea Selatan di hadapan pejabat partai dan seniman di Pyeongyang https://www.koreaboo.com/news/kpop-illegal-north-korea-now-allowed-played-public-first-time/

Baru-baru ini, kantor berita pusat Korea melaporkan bahwa band Korea Utara bernama “Samijyon Orchestra” telah memainkan beberapa lagu dari Korea Selatan di hadapan para pejabat partai dan seniman di ibukota Korea Utara, Pyeongyang.  Band ini membawakan lagu kebangsaan Korea kuno seperti “Arirang” yang hingga kini masih populer di kedua negara. Mereka juga membawakan lagu-lagu KPop dari Korea Selatan yang populer di tahun 1990-an hingga awal 2000-an.

Samijyon Orchestra
Pertunjukan orkestra di Pyeongchang via https://www.nknews.org/2018/01/north-korea-to-send-140-member-orchestra-to-pyeongchang-olympics/

Sebagai salah satu delegasi resmi Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang yang diutus langsung oleh sang Presiden, Kim Jong Un, Samijyon Orchestra mengadakan pertunjukan untuk merayakan kembalinya mereka ke Korea Utara setelah mengadakan tur di Korea Selatan, dimana mereka telah memberikan 2 pertunjukan di sana, yakni di Gangneung dekat Pyeongchang, dan di Seoul. Selain band, Presiden Kim Jong Un juga mengutus ratusan atlet dan pemandu sorak ke ajang Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang di Korea Selatan.

pemandu sorak Korea Utara
Presiden Kim Jong Un juga mengutus ratusan atlet dan pemandu sorak ke ajang Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang di Korea Selatan via https://news.sky.com/story/kim-jong-un-impersonator-shocks-north-korean-cheerleaders-at-winter-olympics-11251392

Tak bisa dipungkiri bahwa 2 pemimpin Korea Utara sebelumnya, yakni Kim Il Sung dan Kim Jong Il konon menyukai banyak lagu-lagu KPop dari Korea Selatan. Bahkan Kim Jong Il membiarkan beberapa lagu KPop pilihannya untuk dimainkan di ruang publik di tahun 2000 setelah adanya ajang pertemuan puncak antara Korea Utara dan Korea Selatan. Meski begitu, KPop masih dianggap ilegal di Korea Utara dan siapapun yang mendengarnya, maka akan dihukum, bahkan nyawanya bisa terancam.

Tapi itu tidak menghentikan sebagian orang Korea Utara untuk menikmati lagu KPop dari Korea Selatan. Di tahun 2015 silam, seorang warga Korea Utara bernama Lee Je Son mengungkap bahwa ada jaringan klub bawah tanah yang sering mendengarkan lagu-lagu KPop dengan menggunakan peredam suara. Tak hanya lagu, acara TV dari Korea Selatan yang dilarang tayang di sana, juga masih bisa ditonton dari DVD bajakan yang dibeli di pasar gelap. Lalu gimana kalau ketahuan? Mau tak mau mereka harus siap-siap dihukum.

Seohyun & Samijyon Orchestra
Eks member SNSD (Girl’s Generation), Seohyun tampil bersama Samijyon Orchestra via https://www.soompi.com/2018/02/11/girls-generations-seohyun-shares-emotional-performance-north-korean-music-ensemble/

Terlepas dari itu, banyak netizen dari seluruh dunia yang berharap agar ajang Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang bisa membawa resolusi damai antara Korea Utara dan Korea Selatan di masa depan. Apalagi saat menyaksikan penampilan memukau dari eks member SNSD (Girl’s Generation), Seohyun yang tampil bersama Samijyon Orchestra dan mendapat sambutan hangat dari perwakilan kedua negara. Acara itu berlangsung pada 11 Februari 2018 lalu dan video pertunjukan ini sempat menjadi viral.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Masih Sulit Menemukan Passion? Coba Lakukan 4 Hal Ini

Museum Macan, Museum yang Mempercantik Feed Instagram