in

Menguak Rahasia Sukses dan Kaya Kylie Jenner “Miliarder Termuda Dunia”

CakapCakapCakap People! Kylie Jenner, baru-baru ini resmi dinobatkan sebagai miliarder termuda di dunia oleh Forbes. Gelar ini didapat Kylie diusia 21 tahun.

Berbeda dari para miliarder lain, Kyle Jenner sukses mengumpulkan kekayaannya lewat kerja keras dan bisnis yang dibangunnya sendiri. Bukan dari harta warisan orang tua.

Foto : Instagram @kyliejenner

Gelar yang dipegang Kyle sebagai pemilik bisnis kosmetik, Kylie Cosmetics juga sekaligus menggeser posisi bos Facebook, Mark Zuckerberg yang sebelumnya mendapat titel yang sama. Zuckerberg mendapat gelar miliarder ketika berusia 23 tahun, dua tahun lebih tua dari Kyle.

Forbes memperkirakan peningkatan kekayaan Kylie Jenner yang terbaru terutama berasal dari Kylie Cosmetics sebesar 900 juta dolar AS.

Musim panas lalu, Kylie Cosmetics telah menandatangani kesepakatan jangka panjang dengan distributor eksklusif, Ulta. Hal itu dengan cepat meningkatkan penjualan produk perusahaan Kylie. Menurut Forbes, Kylie Cosmetics menjual produk-produknya senilai 54,5 juta dolar AS disejumlah toko Ulta.

Kylie Cosmetics diproyeksikan menghasilkan 1 miliar dolar AS dari penjualannya hingga tahun 2022. 

Pada enam minggu pertama pasca kesepakatan dengan Ulta, Kylie mengatakan berencana bekerja di perusahaannya untuk selamanya. Ia akan mewariskannya kelak untuk putrinya, Stormi yang baru saja merayakan ulang tahun pertamanya.

Tentang kesuksesan bisnisnya, kepada Forbes Kylie mengatakan : “Aku tidak mengharapkan apa-apa. Saya tidak bisa melihat masa depan.”

Kylie yang dilahirkan dalam keluarga kaya dan populer, menuai banyak kritik di media sosial yang tak setuju predikat Kylie sebagai Miliarder Termuda di dunia yang dibangunnya sendiri. Meski menuai kritik, jiwa entrepreneur Kylie Jenner sangat mengesankan. 

Kylie Jenner merupakan orang yang paling sukses secara finansial di keluarga Jenner-Kardashian. Kakak tirinya, Kim Kardashian West diperkirakan hanya memiliki kekayaan bersih sebesar 350 juta dolar AS.

Inilah sumber kekayaan Kylie selain Kylie Cosmetics

Foto : Instagram @kyliejenner

Selain dari Kylie Cosmetics, sumber-sumber kekayaan juga diperoleh dari aplikasi berbayarnya ; “Aplikasi Resmi Kylie Jenner,” penjualan barang dagangan dari “Toko Kylie,” dan bisnis pakaian dengan saudari kandungnya Kendall Jenner menggandeng PacSun dan Steve Madden. 

Penghasilan lainnya diperoleh dari seri buku, program TV termasuk “Keeping Up With the Kardashians” dan “ Life of Kylie,” dan penghasilan lainnya dengan partnership merk seperti Adidas, Topshop dan Quay Australia.

Kerajan Bisnis Kylie Jenner Dimulai dari Bibir

Pada 2015, Kylie meluncurkan kosmetik Kylie Lip Kit dan menjadi pendiri Kylie Cosmetics.

Bisnisnya berkembang karena kekuatan media sosial. Sekadar informasi, Kylie memiliki 175 juta pengikut dari Facebook, Instagram, dan Twitter.

“Ini adalah kekuatan media sosial. Saya mendapatkan reaksi yang kuat sebelum mulai apa-apa,” kata dia kepada Forbes.

Kylie bisa menyulap peralatan makeup menjadi kerajaan bisnis. Hal ini bermula ketika ukuran bibir Kylie tumbuh pada 2014. Perubahan ini disorot media.

“Ini hanya makeup. Saya merasa contouring dan lip liner bisa mengubah hidupku,” kata dia.

Pada 2015, insting bisnis Kylie muncul. Dengan uangnya, dia membeli 15 ribu kosmetik bibir. Satu paketnya dihargai 29 dolar AS. Yang menarik, kosmetik ini ludes dalam hitungan menit.

Pada Februari 2016, Kylie Lip Kit berubah nama menjadi Kylie Cosmetics. Kylie menyetok 500 ribu lip kit dalam beragam shades perusahaan.

Forbes menyebut nilai perusahaan Kylie berkembang menjadi 307 juta dolar AS pada tahun pertama. Setelah bekerja sama dengan Ulta, nilai perusahaannya berkembang menjadi 360 juta dolar AS. Ya, Ulta ditunjuk oleh Kylie sebagai toko penjual kosmetik Kylie Cosmetics.

Foto : Instagram @kyliejenner

Kylie Cosmetics Bertumbuh dengan Cepat dan Pesat

Hanya dalam waktu 18 bulan saja, Kylie Cosmetics sukses meraup penghasilan penjualan sebesar 420 juta dolar AS. 

Rilis koleksi liburan 2016-nya juga menghasilkan hampir 19 juta dolar AS hanya dalam satu hari saja. Sebagai perbandingan, peluncuran produk pertama Kardashian West dari merek makeup barunya, KKW Beauty, hanya menghasilkan penjualan sekitar 14,4 juta dolar AS.

Bersaing Bisnis dengan Kakak Tirinya, Kim Kardashian

Dalam hal apapun, Kylie Jenner mengaku tak pernah khawatir tentang persaingan dengan Kim Kardashian West, Kakak tirinya yang lebih dulu meluncurkan produk kecantikannya KKW Beauty. Karena mereka berdua memilki potensi pasar dan demografi yang berbeda, demikian kata Kylie kepada WWD.

“Dia (Kim Kardashian) hampir 20 tahun lebih tua dariku. Saya merasa makeup saya pasti lebih muda dan menyenangkan. Dan itu sungguh berbeda, “kata Kylie Jenner.

Foto : Instagram @kyliejenner

Inilah Inspirasi Sukses Bisnis Kosmetik Kylie Jenner

Inspirasi Jenner untuk merek makeup berasal dari obsesinya dengan tutorial YouTube sebagai tween: “Saya beralih ke makeup untuk membantu saya merasa lebih percaya diri,” katanya kepada Forbes. 

Pada usia 17, Kylie mengeluarkan produk kosmetik pertamanya dengan  merk “Kylie Lip Kit.” Itu dilakukan dua tahun sebelum peluncuran resminya. Dalam waktu enam minggu setelah rilis makeup pertamanya, ibu dan sekaligus manajernya, Kris Jenner memutuskan untuk bermitra dengan produsen mereka saat ini, Seed Beauty.

Popularitas produk Jenner juga berasal dari terbatasnya jumlah produk yang disediakan pada setiap peluncuran yang selalu ludes terjual.

Tidak benar jika ada rumor yang mengatakan Seed Beauty dan Kylie Cosmetics sengaja menciptakan keterbatasan dan kelangkaan produk yang dikeluarkan. Pendiri Seed Beauty Laura Nelson mengatakan kepada Vanity Fair, “Kami menjalankan 7-24 pabrik untuk memenuhi permintaan. Produk yang dikeluarkan ini benar-benar sebanyak yang bisa kita hasilkan.”

Inilah Kunci Kesuksesan Kylie Jenner 

Jenner mengatakan kepada Complex Magazine pada tahun 2016, “Saya ingin menjadi sebesar merek [kosmetik] lainnya.”

Kesuksesan penjualan kosmetik Kylie sebagian besar online. Memiliki 128 juta pengikut di Instagram dan 26,7 juta pengikut di Twitter merupakan kekuatan dan kunci sukses bisnisnya. 

“Ini adalah kekuatan media sosial,” Jenner memberi tahu Forbes. “Aku memiliki jangkauan yang kuat sebelum aku bisa memulai apa pun.”

Kaylie Jenner dan Kim Kardashian West. (Foto : Instagram @kyliejenner)

Kylie selalu terhubung dengan keluarganya

Kylie tetap sangat terhubung dengan keluarganya. Sebagai CEO, chief marketing officer dan chief creative officer, Jenner memiliki 100 persen Kylie Cosmetics, sementara Kris Jenner, Ibunya, menjabat sebagai chief financial officer perusahaan. 

Saat Jenner dinobatkan sebagai salah satu remaja paling berpengaruh di Time Magazine tahun 2016, ia menyampaikan bahwa dia paling terinspirasi oleh kakak perempuannya. Kim Kardashian West “sangat berdedikasi, dia sangat cerdas, dia adalah seorang pengusaha wanita dan dia selalu melakukan sesuatu dan memikirkan ide-ide baru,” kata Jenner. “Dia telah mengilhami saya untuk memiliki etos kerja yang hebat.”

Tahun lalu, dalam program televisi “Life of Kylie”, ia mengatakan : “Aku benar-benar merasa orang tidak menganggapku serius sebagai wanita pebisnis karena usia dan reputasiku.”

“Tapi aku merasa seperti mereka yang memulai. Saya suka membuktikan bahwa orang itu salah telah menganggapku demikian,” kata Kylie.

Source : CNBC

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Cara Kecilkan Payudara Besar Secara Aman, Coba yuk!

Nyamuk Ternyata Peka Terhadap Kelembaban dan Suhu Badan Loh!