in ,

Mengenal Olahraga Boxing, Ternyata Ada Banyak Manfaatnya Lho!

Olahraga boxing bisa menjadi pilihan untuk latihan harian dalam aktivitas olahraga. Via halodoc.com

CakapCakap – Kebanyakan orang mengenal olahraga tinju atau boxing sebagai salah satu olahraga keras yang hanya dilakukan dalam berbagai pertandingan olahraga. Padahal, olahraga boxing pun bisa menjadi salah satu latihan fisik yang dapat dilakukan oleh siapa saja sebagai bagian aktivitas olahraganya. Cakap People juga bisa menjalani olahraga boxing ini, namun tentu saja harus dalam pengawasan pelatih khusus. Pasalnya, olahraga ini memang membutuhkan gerakan-gerakan khusus.

Olahraga boxing bisa menjadi pilihan untuk latihan harian dalam aktivitas olahraga. Via halodoc.com

Menurut laman Okezone.com gerakan-gerakan dalam olahraga boxing mengandalkan banyak teknik. Keuntungannya, gerakan-gerakan itu dapat membantu membakar kalori, sehingga bisa mewujudkan keinginan memiliki badan yang ideal. Dengan gerakan yang tak terlalu sulit, akan banyak keuntungan yang didapat saat melakukannya secara rutin. “Biasanya orang yang suka latihan boxing, kordinasi fisik dan konsentrasinya bagus. Di samping itu, manfaatnya secara umum baik untuk meningkatkan kekuatan otot,” ucap Aurelia Linda, Group Fitness First Manager Pacific Place dan Cibubur Junction.

Dia menjelaskan, ketika melakukan latihan, umumnya boxing mengandalkan gerakan lengan, bahu, tangan, kaki, pinggang, hingga bokong. Semua anggota tubuh berkordinasi dengan baik supaya kamu tetap nyaman bergerak. Biasanya latihan boxing untuk pemula membutuhkan waktu 45 menit. Kamu harus melakukan gerakan-gerakan dasar yang disebut jab, cross, hook dan uppercut. “Keuntungan lain jika rutin boxing pasti punya bekal bela diri dari serangan kejahatan,” kata Linda menambahkan.

Ada banyak sekali manfaat olahraga boxing bagi kesehatan manusia. Via tipsperawatancantik.com

Manfaat lain dari olahraga boxing, menurut laman HaloDoc.com adalah menjaga kesehatan jantung, di mana gerakan pukul-memukul atau tendang-menendang dalam boxing juga mampu membuat jantung makin fit. Boxing pun bisa membuat kamu bernapas secara berat dan meningkatkan detak jantung, sehingga akan memperkuat otot-otot jantung dan menurunkan kemungkinan mengalami penyakit kardiovaskular sekaligus stroke. Manfaat lainnya juga bisa untuk mengatasi masalah stres.

Menariknya, olahraga boxing seperti thai boxing atau muay thai juga bisa menurunkan berat badan. Gerakan-gerakannya yang melibatkan seluruh bagian tubuh untuk bergerak bisa membakar kalori lebih cepat. Boxing pun diketahui dapat menguatkan dan menyehatkan mental, serta pastinya juga menguatkan otot pundak dan lengan. Nah, mulai sekarang Cakap People bisa pula mencoba boxing!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Olahraga Meditasi Bisa Membantu Tingkatkan Kualitas Hidup

Keren! Universitas Mercu Buana Jakarta Ciptakan 2 Mobil Hemat BBM