in ,

Mengenal Aruz, Mobil SUV Kembaran Toyota Rush di Malaysia

CakapCakap – Mobil jenis SUV (sport utility vehicle) menjadi pilihan banyak pecinta mobil di Tanah Air. Beberapa merek di antaranya pun laris di pasaran. Mungkin beberapa Cakap People juga telah menggunakannya. Salah satu mobil SUV yang cukup banyak dipakai di Indonesia adalah Toyota Rush, selain juga Daihatsu Terios. Keduanya merupakan mobil kembaran, karena kedua pabrikan memang bekerja sama, termasuk melahirkan mobil keluarga sejuta umat, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Perodua Aruz, mobil SUV kembaran Toyota Rush dan Daihatsu Terios di Malaysia. Via vernonchan.com

Nah, belum lama ini telah lahir pula kembaran baru dari Toyota Rush dan Daihatsu Terios di Malaysia yakni Perodua Aruz, bertepatan dengan peluncuran varian terbaru Toyota Avanza oleh Toyota Astra Motor di Indonesia pada tanggal 15 Januari 2019 lalu, seperti dilaporkan laman VIVA.co.id. Perodua sendiri merupakan perusahaan mobil Malaysia yang menjadi mitra lokal dari Daihatsu dan Toyota di negara tersebut. Namunm, meski disebut kembar, tapi ada beberapa perbedaan dari Perodua Aruz.

Mobil SUV Malaysia ini ditawarkan dalam dua varian, yakni 1.5X dan 1.5 Advance, yang keduanya dibekali mesin 2NR-VE berteknologi 4-silinder Dual VVT-i 1.500 cc yang mengeluarkan 105 PS dan torsi 136 Nm. Mesin ini memang sama seperti yang digunakan Rush-Terios di Indonesia. Bedanya Aruz memiliki fitur auto start-stop. Perbedaan lainnya ada pada gril, emblem, bumper, dan sejumlah pemanis lain. Selain itu, headunit juga beda, termasuk ada aksen silver di dasbor, door trim dan door handle, serta rumah persneling. Aruz pun dibekali pelek alloy 17 inci, serta keyless entry and start.

Perodua Aruz diluncurkan di Malaysia pada 15 Januari 2019, bertepatan dengan launching varian terbaru Toyota Avanza di Indonesia. Via malaymail.com

Menurut laman Oto.com, fitur pada Rush-Teiros varian tertinggi saja sudah tergolong lengkap, tapi apa yang dimiliki oleh Aruz jauh lebih komplet dan juga mutakhir. Dengan fitur Eco Idle auto start-stop pada mesinnya yang secara otomatis mematikan mesin saat kondisi berhenti, membuat Aruz lebih irit dengan konsumsi bahan bakar terbaik di kelasnya sebesar 15,6 km per liter. Namun, mobil SUV ini hanya tersedia matik konvensional 4-speed, dan tidak ada pilihan transmisi manual 5-speed.

Perodua Aruz ini sendiri dilepas dengan harga RM 72.900 atau Rp 250 jutaan untuk varian 1.5X dan RM 77.900 atau Rp 267 jutaan untuk varian 1.5 Advance. Bagaimana menurut Cakap People sendiri?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fantastis! Kemilau Toraja Janji akan Lebih Spektakuler di 2019

Perhatikan 3 Hal Ini Saat Hendak Membeli Cincin Pernikahan!