in

Mengapa Kaki Melepuh Saat Pakai Sepatu Anyar? Ternyata Ini Penjelasan Ahli

CakapCakap – Sudah sangat ingin menggunakan sepatu baru, namun ketika baru digunakan sebentar kaki justru sakit karena lecet dan melepuh? Hal semacam ini memang sering terjadi ya, Cakap People. Aktivitas seru dengan ditemani si sepatu baru justru menjadi pengalaman buruk yang membuat mood menjadi sebal. Lalu kenapa sih hal ini bisa terjadi?

Menurut terapis fisik olahraga, Dr. Brian Hoke mengatakan jika kaki yang melepuh adalah disebabkan oleh respons dari kekuatan antara gesekan kaki dengan sepatu baru yang digunakan.

Kaki lecet saat memakai sepatu baru via kawaiibeautyjapan.com

“Jadi kulit yang terjebak di antara tulang yang melakukan gerakan bolak-balik dan tubuh mencoba membuat pelindung namun kemudian justru dimasuki oleh cairan dan membuatnya melepuh,” katanya dikutip dari Womantalk.

Jika kaki sudah terlanjur melepuh, hal utama yang harus dilakukan adalah dengan menjaga area tersebut tetap bersih dan sebaiknya jangan dipecahkan lepuhannya. Kondisi ini merupakan penghalang terbaik supaya infeksi pada kulit tidak terjadi. Karena jika sampai pecah, maka tubuh bisa saja menjadi lebih rentan terkena kuman serta kotoran dari luar.

Dr. Brian juga menganjurkan untuk segera menutupi kulit yang melepuh tersebut menggunakan plester ataupun kain kasa. Namun, sebelumnya diolesi terlebih dahulu menggunakan vaseline. Selanjutnya diamkan selama 2 hari lalu dilepaskan untuk dibersihkan dan ganti dengan balutan yang masih baru jika memang kaki masih melepuh.

Lecet pada kaki saat kenakan sepatu baru via feedme.id

Lantas bagaimana caranya supaya kaki tidak melepuh saat menggunakan sepatu baru?

Menurut Dr.Brian yang harus dilakukan adalah menggunakannya secara bertahap. “Tubuh biasanya akan merespons perubahan kecil dan akan bereaksi terhadap jenis perubahan yang besar. Jadi, gunakanlah sepatu selama 1 atau 2 jam selanjutnya beralih dengan sepatu yang nyaman untuk digunakan. Berikan waktu untuk kaki beradaptasi.

Punya sepatu baru memang menyenangkan, sayangnya sepatu baru terkadang membuat kaki melepuh dan lecet sehingga tidak nyaman saat digunakan berjalan. Jadi jika Cakap People berencana membeli sepatu baru dan menggunakannya saat akan pergi, jangan lupa untuk membawa alas kaki yang pastinya lebih nyaman dipakai sepagai ganti sepati baru agar kaki tidak lecet dan melepuh ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Menawarkan Gaji Tinggi, Ini 5 Profesi yang Cocok Bagi Wanita

Tips Cerdas Bikin Pancake Sempurna yang Anti Bantat, Kamu Wajib Tahu!