in ,

Mengapa Harus Copot Sepatu Ketika Masuk Ruangan?

CakapCakap – Jadi Cakap People termasuk orang yang suka memakai alas kaki atau tidak jika sedang ada di dalam ruangan atau di dalam rumah? Dua jenis fenomena ini memang sebuah realita. Bagi sebagian orang, masuk ke dalam ruangan rumah pastinya harus copot sepatu atau sandal. Tapi sebagian orang lainnya menganggap kalau dimana saja, alas kaki adalah sebuah kewajiban, baik itu di luar rumah, maupun didalam rumah, harus dipakai terus.

Sepatu mengandung banyak kuman dan bakteri via https://storage.trubus.id/storage/app/public/posts/t20190108/big_dc8fd2f3078efd0bb3e9af60c8249c5c4b2a934e.jpg

Hal ini ternyata juga terpengaruh oleh budaya. Jika kalian yang sudah paham dengan budaya Barat, maka melepas alas kaki di dalam rumah adalah hal yang tabu. Sebaliknya, di daerah Timur, untuk menjunjung norma kesopanan, orang harus melepas alas kaki jika masuk ke dalam rumah. Lalu bagimana yang tepat?

Ternyata pakar kesehatan menyebutkan bahwa melepas alas kaki sebelum masuk ke dalam rumah adalah tindakan yang tepat. Ahli mikrobiologi kesehatan yang berasal dari University of Arizona, Jonathan Sexton menyebutkan bahwa alas kaki yang kerap digunakan oleh pemiliknya mengandung ratusan ribu bakteri per inci persegi. Ini menunjukkan bahwa jumlah bakteri di setiap alas kaki mencapai angka yang menakjubkan.

Dia mengumpamakan bahwa setiap langkah manusia adalah aksi untuk menjemput bakteri atau mikroorganisme baru. Apalagi di tempat-tempat tertentu misalnya kamar mandi atau di kawasan kumuh, kuman ada dalam jumlah yang lebih banyak.

Beberapa studi dan penelitian dilakukan khusus untuk menguak kehadiran bakteri dan kuman di sepatu atau alas kaki manusia. Misalnya dalam jurnal Anaerobe yang terbit 4 tahun yang lalu, para peneliti mengambil sampel barang-barang rumah tangga dari berbagai rumah di beberapa negara, termasuk di dalamnya adalah rumah di Houston, Texas, Amerika Serikat.

Mereka mencari tahu berbagai macam bakteri yang ada di dalam perkakas tersebut. Terbukti, sepatu adalah yang paling banyak mengandung bakteri. Bakteri ini yang akan menyebabkan berbagai macam penyakit, mulai dari diare, infeksi saluran kemih, meningitis, hingga gangguan di usus lainnya.

Sepatu banyak mengandung kuman dan bakteri via https://asset.winnetnews.com/image/cache/slide/post/image-sepatu-basah-kehujanan-ini-tipsnya-biar-kaki-nggak-bau.jpg

Fenomena ini bukanlah yang mengejutkan pastinya. Semua orang pasti sudah paham kalau semua benda yang berasal dari luar dan masuk ke dalam ruangan, pasti akan membawa kandungan jahat, yakni bakteri atau kuman. Oleh sebab itu, ada baiknya jika kita mengurangi resiko persebaran kuman di dalam ruangan, dengan mencopot alas kaki jika akan masuk ke dalam rumah. Setuju?

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Produksi Sendiri, Iran Akan Luncurkan Satelit ke Angkasa

Karyawan Facebook Mahir Berpura-pura Bahagia? Simak Faktanya