in ,

Mengapa Hari Valentine Identik dengan Cokelat? Ini Alasannya!

CakapCakap – Cokelat adalah salah satu makanan yang memiliki cita rasa manis. Bahkan jenis makanan ini hampir serupa dengan camilan manis lain. Namun, apakah yang membuatnya istimewa hingga senantiasa menjadi makanan khas setiap perayaan Valentine? Agaknya Cakap People pasti pernah memiliki pertanyaan yang demikian bukan?

Sedari dulu cokelat memang sudah dianggap sebagai makanan yang istimewa. Bahkan ia menjadi salah satu lambang dari sebuah rayuan. Selain itu, cokelat juga identik dengan cinta. Alhasil membuatnya selalu ada dalam setiap Hari Kasih Sayang. Bagi yang ingin tahu kenapa harus cokelat, maka ini jawabannya!

1. Sejarah cokelat

Manfaat cokelat via Oomph.co.id

Di sekitar tahun 1600-an kelezatan cokelat sudah dikenal oleh banyak orang dari negara Eropa. Sementara di London telah berdiri rumah cokelat yang ikut bersaing dengan rumah kopi. Tempat cokelat tersebut digunakan untuk tempat arisan loh! Bahkan menariknya ada salah satu toko yang letaknya di jalan Gracechurch di tahun 1657 mulai mengiklankan cokelat sebagai salah satu minuman ala Indian Barat. Di mana khasiatnya bisa melindungi serta menyembuhkan tubuh dari aneka penyakit.

Sewaktu Marie Antoinette menikah dengan sosok Louis XVI di tahun 1770, ia membawa seorang peracik cokelat pribadi ke Versailles. Peracik cokelat pribadi tersebut bahkan membuat sebuah resep yang menggunakan cokelat sebagai bahan utamanya. Ia menggunakan perpaduan cokelat dengan bunga anggrek guna menambah kekuatan, sedangkan perpaduan cokelat bersama susu almond manis bisa melancarkan pencernaan dan kombinasi cokelat dengan jeruk bisa memberikan ketenangan bagi saraf.

2. Nilai biji kakao

Termasuk makanan populer via Intisari.grid.id

Ternyata sejak dulu kala cokelat memang sudah sangat digemari oleh banyak orang. Hasrat yang kuat terhadap cokelat muncul di masa Mesoamerican. Di mana pada masa tersebut cokelat dikenal sebagai barang yang mewah, berharga mahal serta hanya bisa dinikmati oleh suku elit kalangan atas Aztec serta Maya. Umumnya suku tersebut mengonsumsi cokelat dengan memadukan biji kakao bersama madu, vanila, tepung maizena serta cabai. Bahkan nilai biji kakao kala itu hampir seberharga emas. Biji kakao pun sering digunakan untuk membayar pajak yang dipungut oleh pihak penguasa Aztec.

3. Hubungan cokelat dengan hari Valentine

Minuman cokelat via Lifestyle.okezone.com

Lantas, apa hubungan cokelat dengan perayaan Valentine? Sebenarnya hal ini menunjukkan jika cokelat bukanlah suatu penghargaan. Melainkan sebagai penunjuk 2 elemen dari peradaban-peradaban yang sebelumnya. Di mana cokelat dianggap sebagai makanan populer sementara perayaan Valentine sebagai hari libur. Sebenarnya hari Valentine ditujukan guna menghormati martir Khatolik yang bernama Valentine. Tetapi nuansa romantis kian muncul di kala lahirnya puisi Chaucer di tahun 1382 yang berjudul Parlement of Foules. Puisi tersebut menjelaskan perihal sifat natural dari cinta. Alhasil dalam waktu-waktu selanjutnya Hari Valentine kian identik dengan libur musim semi, bunga mawar, puisi hingga lagu. Cokelat pun ikut termasuk di dalamnya sebab dikenal sebagai makanan yang populer di peradaban sebelumnya.

Nah, itulah sejarah mengenai cokelat yang kemudian identik dengan Hari Valentine Cakap People. Ternyata kala itu cokelat memang merupakan salah satu makanan yang cukup populer. Sedangkan Hari Valentine juga merupakan hari libur yang terbilang populer, alhasil keduanya disatukan sebagai pelengkap satu sama lain.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Must Have! 5 Jenis Jaket ini Bisa Dipakai ke Berbagai Acara

Masak Jamur Tiram Wortel yuk, Mudah dan Menggugah Selera!