in ,

Mengapa Bisa Menguap Saat Berolahraga? Ternyata Ini Penyebabnya!

CakapCakap – Selama ini kondisi menguap memang sangat identik dengan rasa kantuk. Ketika Cakap People menguap, pasti langsung terpikir karena kurang tidur sebelumnya. Namun ternyata menguap tidak selamanya harus selalu dikaitkan dengan mengantuk. Menariknya, bahkan tak jarang ada orang yang malah menguap saat menjalani aktivitas olahraga, ketika seharusnya bisa merasa lebih fit dan segar. Lalu, mengapa seseorang bisa menguap saat berolahraga? Ternyata ada banyak penyebabnya.

Tak jarang ada orang yang menguap saat berolahraga, ketika seharusnya bisa merasa lebih fit dan segar.

Menguap saat sedang olahraga faktanya justru mengindikasikan beberapa hal yang berbeda, seperti dimuat dalam laman AloDokter.com. Misalnya, pendinginan tubuh, karena suhu tubuh meningkat ketika sedang berolahraga, sehingga menguap akan membantu mendinginkan suhu otak dengan memperbanyak aliran darah dan denyut jantung. Selain itu, menguap saat berolahraga juga bisa karena bosan dengan pola latihan yang dijalani atau memang bisa jadi sedang dalam kondisi depresi.

Tentu saja jika mengalami kekurangan waktu tidur, maka seseorang akan dengan mudah menguap. Sementara jika berolahraga di pagi hari atau malam hari, menguap pun juga jadi lebih mudah terjadi, karena ini adalah saat-saat energi berada di titik lemah, seperti dilaporkan oleh CNNIndonesia.com. Menariknya, ternyata malah ada dokumentasi yang menggambarkan bahwa para atlit Olimpiade juga banyak menguap sebelum bertanding, demikian pula para serdadu sebelum latihan perang.

Menguap bisa juga jadi pertanda masalah detak jantung dan tekanan darah jika terus terjadi tanpa henti. Via radarmalang.id

Namun, secara fisik menguap bisa mendorong tekanan darah dan laju detak jantung. Makanya, jika terjadi kondisi menguap tanpa henti, bisa jadi adalah pertanda masalah detak jantung dan tekanan darah. Meski sebagian besar dari masalah menguap tidak terlalu perlu dikhawatirkan, namun pada tingkat parah menguap bisa menjadi indikasi ada masalah di pembuluh darah atau vasovagal. Reaksi ini bisa membuat jantung lebih lambat dan tekanan darah turun sehingga muncul masalah serius.

Makanya, sebagian para ahli meyakini kebiasaan menguap saat olahraga juga bisa menjadi gejala dari kondisi kesehatan tertentu yang lebih serius, selain tentu cukup mengganggu. Bagaimanapun juga, jika Cakap People memang punya kebiasaan menguap ketika sedang berolahraga, maka ada baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter, apalagi hal tersebut sudah sangat mengganggu sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Wajib Tahu! Olahraga Jadi Salah Satu Rahasia Awet Muda Jennifer Lopez

Sering Merasa Capek dan Bosan Saat Terjebak Macet? Coba Lakukan Olahraga Ini!