in ,

Mengapa Banyak Mumi Kucing di Makam Mesir Kuno?

CakapCakap – Mesir melakukan misi arkeologi sejak bulan April 2018 lalu, dengan tujuan untuk menguak fakta sejarah baru dari benda-benda yang mungkin akan ditemukan di makam kuno. Menteri Kepurbakalaan Mesir, Khaled el-Enany mengatakan bahwa makam yang diteliti ini memiliki usia ribuan tahun, dan diprediksi menyimpan berbagai macam benda-benda purbakala. Setelah beberapa bulan dilakukan penelitian, ada berbagai fakta baru yang mencengangkan lho Cakap People, apa saja?

Yang cukup mencengangkan adalah ditemukannya puluhan mumi kucing dan koleksi kumbang (scarab) sebagai lambang kehidupan Mesir Kuno. Penemuan ini menyusul ditemukannya sarkofagus berjumlah tujuh buah, yang terletak di kompleks piramida Saqqara, Kairo bagian selatan. Sarkofagus atau makam kuno tersebut berasal dari Dinasti Kelima Kerajaan Lama, yang isinya bermacam-macam. Tiga diantaranya berisi mumi kucing, sementara itu empat yang lain masih belum dibuka.

Penemuan Mumi Kucing di Mesir via http://jayakartanews.com/wp-content/uploads/2018/11/mumi-kucing.jpg

Ketika tim arkeolog menemukan situs tersebut, mereka mendapati pintu yang masih utuh. Artinya proses penemuan ini adalah yang pertama kali dilakukan selama ini, dan belum ada pihak atau orang yang berusaha untuk membongkar situs ini sebelumnya. Isinya pun juga dipastikan masih utuh. Mumi kucing ditemukan dalam sarkofagus batu kapur berbentuk persegi panjang. Sementara itu diantara puluhan mumi kucing yangd ditemukan, ada juga ratusan patungkucing dari kayu dan perunggu.

Mengapa begitu banyak kucing ditemukan dalam situs purbakala Mesir ini? Ternyata Mesir menempatkan kucing melebihi hewan atau piaraan biasa. Mereka percaya bawah kucing adalah hewan yang suci. Dalam kehidupan masyarakatnya, kusing memiliki jasa yang besar. Cerita yang berkembang dimulai ketika saat itu banyak ditemukan tikus yang merugikan. Dalam proses pembasmiannya, ternyata ada jasa kucing yang menghabisi para pengerat.

Kucing mendapatkan penghormatan oleh Mesir via https://pbs.twimg.com/media/DkvO19OXgAcePkA.jpg

Mesir juga mempercayai mitos baik ketika masyarakatnya bermimpi tentang kucing. Jika ada yang bermimpi mengenai kucing, maka akan ada hal baik yang menimpa mereka. Keberuntungan yang akan didapatkan bisa mencapai keberuntungan yang fantastis, termasuk hasil panen pertanian yang melimpah. Apakah Cakap People juga menganggap kucing sebagai hewan pembawa keberuntungan?

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tahukah Kamu, Wi-Fi adalah Hasil Ciptaan Seorang Wanita?

Jajan Tanpa Rupiah, Inilah Serunya Pasar Mammesa