in

Mendeteksi Hoax dengan Mudah Lewat Beberapa Tools Sederhana dari Google

CakapCakap – Banyak orang yang tidak menyadari ternyata telah membaca konten hoax alias berita palsu atau kabar bohong. Bahkan, tidak sedikit pula yang kemudian ikut menyebarluaskannya, baik melalui aplikasi pesan online maupun media sosial. Padahal, semua orang termasuk Cakap People sebenarnya bisa mendeteksi konten hoax dengan mudah, asalkan selalu punya niat dan rajin untuk melakukan verifikasi setiap kali menerima atau menemukan sebuah konten yang agak meragukan.

Google punya tools sederhana yang bisa membantu mengecek fakta dan mendeteksi konten hoax. Via android-indonesia.com

Mesin pencari yang paling familiar dan banyak digunakan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, Google juga memiliki beberapa tools sederhana yang bisa dimanfaatkan untuk mengecek fakta dan mendeteksi konten hoax, seperti dijelaskan pada laman Okezone.com. Salah satunya adalah dengan menggunakan Google Reserve Image Search, di mana tools ini bisa membantu untuk mengklarifikasi fakta suatu foto. Tools ini sendiri dapat digunakan dengan cara mengeklik situs images.google.com, kemudian upload atau unggah foto mencurigakan yang telah disimpan terlebih dahulu di komputer.

Belakangan ini memang semakin marak saja dan banyak oknum yang mengedit sebuah foto dengan caption yang tidak sesuai kejadian. Dalam era teknologi digital seperti saat ini, bukan hanya konten berupa teks yang bisa dimanipulasi, melainkan juga konten lain berupa foto atau video. Ada kalanya pembuat berita palsu juga mengedit foto untuk memprovokasi pembaca. Tools dari Google akan bisa membantu mengecek keaslian sebuah foto. Dijelaskan lebih lanjut dalam laman Kompas.com, kamu juga bisa melakukan drag-and-drop ke kolom pencarian Google Images, di mana hasil pencariannya nanti akan menyajikan gambar-gambar serupa yang terdapat di internet sehingga bisa dibandingkan.

Google Reserve Image Search bisa membantu untuk mengklarifikasi fakta suatu foto. Via zdnet.com

Tak hanya itu saja, kamu juga bisa melakukan verifikasi lokasi dengan menggunakan sejumlah tools, seperti Google Maps, Google Map, Google Street View, dan Google Earth. Dalam hal ini, seseorang dapat mencari detail dari suatu tempat dari tahun ke tahun menggunakan berbagai tools sederhana dari Google tersebut, sehingga beragam konten hoax pun bisa dideteksi dan dikenali dengan mudah.

Nah, Cakap People bisa memanfaatkan tools dari Google ini untuk ikut memberantas konten hoax!

2 Pings & Trackbacks

  1. Pingback:

  2. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Xiaomi Gelar Mi Fan Festival dengan Promo Diskon Besar-Besaran, Mau?

Pilihan Tempat Resepsi Pernikahan dengan Budget Murah, Tertarik?