in ,

Memuaskan! Perusahaan AS Tertarik Hasil Uji Coba Kereta Biodiesel Indonesia

CakapCakap – Inovasi untuk melahirkan transportasi massal yang jauh lebih ramah lingkungan terus dilakukan oleh banyak negara. Termasuk Indonesia juga loh, Cakap People! Salah satunya yang telah diupayakan oleh negeri ini adalah dengan melakukan uji coba penggunaan bahan bakar biodiesel B20 (bahan bakar dengan 20% minyak kelapa sawit bercampur solar) pada kereta api. Uji coba yang telah dilakukan selama bulan September 2018 ini pun ternyata memberikan hasil yang memuaskan.

Hebatnya, hasil uji coba yang dilakukan Indonesia itu rupanya telah membuat salah satu perusahaan teknologi multinasional tertarik pula untuk mempelajarinya lebih lanjut. Adalah General Electric (GE) yang merupakan perusahaan asing dari Amerika Serikat, melalui salah satu divisi usaha mereka, GE Transportation berencana untuk membuat kajian lanjutan terkait penggunaan bahan bakar biodiesel terhadap kereta api di kantor pusatnya di Amerika Serikat, menurut laporan MediaIndonesia.com.

Proses uji coba penggunaan bahan bakar biodiesel B20 pada lokomotif kereta api di Indonesia beberapa waktu lalu via Pontas.

Part (bagian) dari mesin lokomotif yang dicopot itu juga diuji di kantor pusat mereka. Bukannya gak percaya. Cuma biar bisa lebih detail dengan metode lain untuk bisa lihat apakah part-nya itu betul tak ada masalah khusus, verifikasi. Supaya fair harus tahu kita lakukan dengan cara yang disepakati,” jelas Staf Ahli Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bidang Perekonomian Sumber Daya Alam Dadan Kusdiana, Kamis (20/9/2018). Uji coba sendiri telak dilaksanakan oleh tim dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) selama periode 1-17 September 2018.

Sebelumnya, uji coba penggunaan bahan bakar biodiesel pada kereta api ini sudah mulai dilakukan sejak awal Februari 2018 lalu di Balaiyasa Lahat, Sumatera Selatan, seperti dilaporkan Okezone.com. Menurut Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM Rida Mulyana pada saat peluncuran lokomotif ‘Rail Test’ tersebut, uji coba biodiesel B20 ini bertujuan untuk mengurangi polusi udara di Indonesia, selain juga memanfaatkan potensi sawit di Tanah Air.

“Selama ini pencemaran udara terus bertambah akibat kendaraan dan polusi lingkungan lainnya. Jadi kami mencari solusi antara lain lokomotif kereta api akan menggunakan biodiesel,” ucapnya. Semoga hasil uji coba ini bisa segera diterapkan agar polusi udara bisa berkurang, ya Cakap People! [ED/RM]

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Ini Alurnya! Pendaftaran CPNS Mulai 26 September 2018

Teknologi Mobil Selalu Kinclong, Tapi Harus Tahu Caranya!