in ,

Membanggakan! 2 Ilmuwan Indonesia Raih Bintang Jasa Kaisar Jepang

Ilmuwan Indonesia menerima bintang jasa dari pemerintah Jepang atas jasanya memperkuat hubungan antara Jepang dan Indonesia. Via kompas.id

CakapCakap – Indonesia memang tidak pernah kekurangan orang-orang terbaik dan terhebat dalam berbagai bidang. Bahkan, Cakap People pun harus tahu, prestasi mereka tak hanya di dalam negeri, tetapi sudah melintas hingga ke luar negeri dengan meraih berbagai penghargaan hingga membuat bangga Indonesia. Pencapaian mereka itu pun tentu jadi bukti bahwa Indonesia juga bisa bersaing dengan negara-negara lain. Itulah yang ditunjukkan oleh dua ilmuwan Indonesia, belum lama ini.

Ilmuwan Indonesia menerima bintang jasa dari pemerintah Jepang atas jasanya memperkuat hubungan antara Jepang dan Indonesia. Via kompas.id

Seperti dilansir oleh laman MediaIndonesia.com, Kamis (25/10/2018), dua putra terbaik Indonesia, yakni Oloan Pardomuan Siahaan dan Kamarudddin Abdullah meraih bintang jasa dari Kaisar Jepang, dengan dianugerahi The Order of the Rising Sun, Gold Rays with Neck Ribbon. Kamaruddin yang sudah berusia 76 tahun sendiri menerima bintang jasa Jepang musim semi 2017, sementara Oloan mendapatkan penghargaan  musim gugur 2017, disampaikan oleh Duta Besar Jepang Masafumi Ishii.

“Kamaruddin, saya sebut dia sebagai jagoan pertanian. Dia ke Jepang pada tahun 1962, setahu saya bertepatan saat Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games. Adapun Oloan dijuluki sebagai champ of engineering, orang yang selalu ‘making things’,” ungkap Ishii di Jakarta. Keduanya yang pernah menjabat Rektor Universitas Dharma Persada itu dinilai berjasa memperkuat hubungan Jepang dan Indonesia, khususnya dalam bidang pendidikan bahasa Jepang, dan juga penelitian tentang Jepang.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia Mohammad Nuh pernah menerima bintang jasa dari pemerintah Jepang pada tahun 2016. Via detik.com

Sebelumnya, pada tahun 2016 lalu, empat tokoh Indonesia juga pernah menerima bintang jasa dari pemerintah Jepang, seperti dikutip dari laman Liputan6.com. “Mohammad Nuh menerima bintang tanda jasa The Order of the Rising Sun, Gold and Silver Star. Kedua, I Ketut Surajaya yang menerima bintang tanda jasa The Order of the Rising Sun, Gold Rays with Neck Ribbon,” jelas Kedutaan Besar Jepang di Indonesia melalui keterangan tertulis yang disampaikan kepada sejumlah media massa.

Kemudian, ada Ibrahim Teruko dan Elis Indirayanti yang diberi bintang tanda jasa The Order of the Sacred Treasure, Gold and Silver Rays. Mereka semua diberikan penghargaan tersebut atas jasa-jasanya memperkokoh hubungan diplomatik Jepang dan Indonesia. Luar biasa ya, Cakap People!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Hati-Hati! Singa di Kebun Binatang Sangat Sensitif dengan Bau Parfum

Unik! Deretan Rumah Sederhana Ini Terbelah dalam Wilayah 2 Negara