in

Mau Pasang AC? Pilih AC Hemat Listrik, Begini Caranya!

CakapCakap – Sebagai negara tropis, iklim di Indonesia memang terkenal cukup panas. Bahkan, suhu pada musim kemarau sering kali membuat badan terasa gerah. Cakap People bisa merasakan sendiri bagaimana suhu di negara tropis seperti Indonesia. Makanya, tidak heran jika banyak rumah modern dan perkantoran yang memasang Air Conditioner (AC) untuk menjaga suhu agar tetap nyaman bagi tubuh. Namun, menggunakan AC tentu pula akan membuat pemakaian listrik menjadi lebih boros.

Tinggal di negara tropis seperti Indonesia, AC menjadi pilihan untuk membuat suhu ruangan yang nyaman. Via thetanjungpuratimes.com

Meski begitu, ketika ingin membeli AC, ternyata saat ini juga sudah ada pilihan AC yang hemat listrik, yakni yang menggunakan teknologi AC Inverter, menurut laman PriceBook.co.id. Selain itu, ada pula beragam cara menghemat pemakaian AC secara cerdas, agar tagihan listrik tidak melonjak di akhir bulan. Misalnya, memperhatikan cara mengatur suhu AC, yakni di kisaran 25 derajat celcius sesuai dengan suhu terbaik dalam kenyamanan termal manusia. Jadi, jangan paksakan di suhu lebih dingin.

Kemudian, lakukan perawatan AC secara berkala, karena memang butuh perawatan ekstra secara rutin dan berkala. Jika filter udaranya kotor, maka otomatis beban kerja meningkat dan pemakaian listriknya pun naik. Jika ingin awet, setidaknya AC harus rutin dibersihkan minimal dua bulan sekali. Jangan lupa juga untuk memastikan ruangan tertutup dengan rapat. Pasalnya, sering kali ada orang yang lupa merapatkan pintu dan jendela ruangan, sehingga suhu AC pun malah tidak terasa dingin.

AC butuh perawatan ekstra secara rutin dan berkala, agar bisa lebih hemat listrik. Via tuupai.com

Menurut laman Vemale.com, kebanyakan orang menunda untuk membeli AC karena takut dengan biaya listrik yang meningkat. Padahal, sebenarnya kini ada berbagai pilihan AC low watt dan inverter yang lebih hemat listrik, memang terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencapai suhu yang diinginkan. Sejumlah AC dari pabrikan tertentu malah menawarkan fitur untuk mengatur konsumai daya listriknya sesuai dengan kebutuhan, bahkan bisa hingga mencapai 40 persen saja.

Hal yang tidak kalah penting ketika ingin membeli AC, tentu saja mempertimbangkan adanya garansi untuk memberikan rasa aman. Keuntungannya, jika dalam masa garansi terjadi kerusakan pada AC, jasa servis untuk memperbaikinya bisa gratis. Nah, sekarang selamat memilih AC ya, Cakap People!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Menurut Prediksi 4 Zodiak Ini Bakal Nikah di Tahun 2019, Siapa Saja?

Wajib Tahu! Gaji di Kota Ini Jadi yang Tertinggi di Dunia, Berapa?