in ,

Mau Jadi Pramugari Maskapai Lokal? Cek Dulu Gajinya di Sini!

CakapCakap – Sebagian wanita mungkin punya cita-cita ingin menjadi seorang pramugari. Cakap People para wanita mungkin juga pernah punya impian yang sama. Pekerjaan ini memang tampak sangat menyenangkan, karena bisa bekerja sambil jalan-jalan ke kota-kota lainnya, bahkan hingga keliling dunia. Apalagi, banyak informasi yang menyebutkan bahwa gaji yang diterima pramugari cukup memuaskan, jika dibanding dengan banyak pekerjaan kantoran yang dilakoni kaum wanita.

Para pramugari mendapatkan gaji yang memuaskan, seperti pramugari Garuda Indonesia yang bergaji Rp 14,8 juta. Via tribunnews.com

Lalu, berapakah sebenarnya gaji seorang pramugari di maskapai lokal Indonesia? Berdasarkan data gaji yang dikumpulkan Qerja, maskapai pelat merah, PT Garuda Indonesia membayar kerja keras para flight attendant ini sekitar Rp 14,8 juta, seperti dimuat dalam laman Okezone.com. Sementara maskapai swasta masih di bawahnya, seperti NAM Air yang membayar Rp 8 juta dan PT Lion Mentari Airlines sekitar Rp 8,4 juta saja. Sedangkan PT Indonesia AirAsia memberikan gaji sekitar Rp 12 juta.

Menariknya, PT Sriwijaya Air ternyata memberikan gaji yang lebih tinggi, yaitu sebesar Rp 19,5 juta. Sedangkan maskapai asal Hong Kong, Cathay Pacific Airways Ltd. membayar para pramugari dengan penghasilan hingga Rp 25,5 juta. Tidak hanya bisa mendapatkan gaji yang memuaskan, seorang flight attendant biasanya juga mendapat fasilitas mess dan transportasi dari perusahaan selama mereka bertugas. Ini semua tentu saja sebanding dengan kerja keras yang telah dilakukan para pramugari.

Maskapai asal Hong Kong, Cathay Pacific Airways memberi gaji sangat besar untuk pramugarinya, hingga Rp 25,5 juta. Via sipayo.com

Namun, untuk menjadi seorang pramugari tentu juga tak gampang. Setidaknya ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Menurut laman Tribunnews.com, hal pertama yang harus dimiliki adalah tubuh yang ideal dan sehat. Kebanyakan maskapai juga mensyaratkan tinggi badan tertentu untuk menjadi pramugari. Selain itu, seorang calon pramugari juga harus punya kemampuan bahasa asing, minimal bahasa Inggris. Jika belum lancar, setidaknya harus siap untuk mengikuti pendidikan lebih lanjut.

Kemudian, calon pramugari juga harus siap untuk mempelajari banyak ilmu lainnya, terutama yang terkait dengan pekerjaan. Pasalnya, sederet peran harus bisa dikerjakan bila menjadi awak pesawat terbang, bahkan hingga menguasai prosedur keselamatan dan memberi pertolongan pertama pada penumpang. Terakhir, juga harus siap bekerja dengan jam kerja fleksibel. Cakap People tertarik?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Ngeri, AirPods dan Headphone Nirkabel Picu Kanker Loh!

Jangan Salah! Inilah Kekuatan TNI, Salah Satu Militer Terkuat di Dunia