in ,

Masih Tak Percaya Jalan Kaki Punya Banyak Manfaat, Ini Buktinya!

CakapCakap – Masih banyak orang yang menganggap jalan kaki bukanlah sebagai salah satu jenis olaharaga, karena memang aktivitasnya sangat sederhana. Bahkan, Cakap People sendiri mungkin masih ada yang menganggap sepele orang-orang yang melakukan jalan kaki sebagai olahraga rutin. Padahal, bila dilakukan secara aktif, jalan kaki ternyata punya banyak manfaat, bahkan sama baiknya dengan olahraga lain. Mungkin masih ada yang tidak percaya. Jika benar tak percaya, inilah buktinya.

Aktivitas berjalan kaki punya banyak sekali manfaat sama seperti olahraga lainnya. Via runner.id

Dilaporkan oleh laman Runner.id, risiko terkena penyakit kardiovaskular pada orang yang berjalan kaki ternyata lebih rendah 30 persen. Manfaat jalan kaki untuk kesehatan terlihat pada mereka yang berjalan kaki selama 30 menit atau lebih dengan intensitas sedang selama lima hari atau lebih dalam seminggu. Selain itu, jalan kaki secara teratur juga mampu menurunkan tekanan darah sebesar 11 poin dan mengurangi risiko stroke 20-40 persen. Dari sisi kebugaran, jalan kaki juga bisa membantu mengencangkan otot paha, bokong, dan perut, apalagi jika berjalan kaki di medan yang menanjak.

Berjalan kaki pada jam makan siang juga bisa membantu menghilangkan rasa penat. Jalan kaki yang dilakukan dengan aktif bisa membantu memperlancar aliran darah dan meningkatkan suplai oksigen ke sel tubuh. Sama seperti olahraga lain, jalan kaki juga bermanfaat untuk kesehatan mental, karena membuat tubuh memproduksi hormon endorphin (hormon rasa senang). Bahkan, berjalan kaki bisa membantu meningkatkan ukuran ‘hippocampus’ (bagian otak yang berkaitan dengan daya ingat).

Sejumlah penelitian membuktikan bahwa berjalan kaki bisa menurunkan risiko penyakit kronis seperti penyakit kardiovaskular dan diabetes. Via timesindonesia.co.id

Tak hanya itu, berjalan kaki juga dapat menurunkan risiko penyakit kronis, seperti disampaikan The American Diabetes Association bahwa berjalan kaki mampu menurunkan kadar gula darah dan risiko terkena penyakit diabetes, dimuat dalam laman HelloSehat.com. Selain itu, peneliti di University of Boulder Colorado dan University of Tennessee menemukan fakta bahwa berjalan kaki rutin setiap hari bisa menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko stroke sebesar 20 hingga 40 persen.

Kemudian, berjalan kaki secara teratur juga dapat membantu meningkatkan respon tubuh terhadap insulin, sehingga sangat cocok bagi yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan. Bahkan, berjalan kaki pun bisa memicu kreativitas. Makanya, ayo berjalan kaki Cakap People!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Catat! Ada 49 Caleg Eks Koruptor di Pemilu 2019, Ini Daftar Resmi dari KPU

Wajib Tahu! Sering Naik Transportasi Umum Ternyata Bisa Bikin Langsing