in ,

Masih Pakai MSG? Sebaiknya Ganti dengan 4 Penyedap Alami Berikut!

CakapCakap – Memasak merupakan salah satu aktivitas yang terbilang mengasyikkan. Kendati demikian, kamu harus berhati-hati dalam memilih bahan-bahan serta bumbu yang hendak digunakan untuk memasak. Sebab bumbu penyedap seperti MSG maupun vetsin memiliki dampak yang kurang baik bagi kesehatan. Terlebih jika Cakap People terlampau sering menggunakannya.

Dibanding harus menggunakan MSG maka kamu bisa beralih ke bumbu penyedap alami. Meskipun termasuk penyedap alami namun cita rasa masakan yang dihasilkan dijamin akan lezat dan tak akan merusak rasa makanan. Lantas, apa saja penyedap alami yang direkomendasikan tersebut? Berikut daftarnya!

1. Ebi

Masak pakai ebi kering via Momiia.com

Pasti kamu sudah tahu bukan apa itu ebi? Ia merupakan udang yang telah dikeringkan, memiliki bau ikan laut khas yang juga sedap. Ukuran ebi memang kecil, sehingga dapat langsung dimasukkan begitu saja ke masakan kamu. Bisa pula dihaluskan atau disangrai supaya sensasi rasa gurihnya dapat keluar. Biasanya ebi dijadikan penyedap alami untuk jenis masakan yang ditumis.

2. Kaldu

Buat kaldu dari sayur via Beritalive.com

Baik kaldu daging, ayam, sayuran maupun udang juga bisa jadi penyedap rasa alami yang terbilang ampuh. Cita rasa masakan pun akan jadi lebih lezat dan spesial. Guna bisa membuat kaldu alami berikut kamu hanya perlu merebus daging ayam, sayur, sapi maupun udang. Tergantung hendak membuat kaldu apa.

3. Bawang

Pakai irisan bawang bombay via Hellosehat.com

Bawang bombay, merah maupun putih sama-sama bisa dijadikan alternatif penyedap alami. Hal ini dikarenakan bawang punya aroma gurih bertajuk sedap yang dibutuhkan di setiap masakan. Jika kamu ingin masakan punya rasa lebih kuat dan tajam, maka dapat memasukkan lebih banyak bawang.

4. Terasi

Tambahkan terasi untuk beberapa masakan tertentu via Youbeli.com

Umumnya terasi memang memiliki aroma yang terbilang menyengat. Sehingga mayoritas orang kurang suka dengan bumbu berikut. Padahal terasi bisa dijadikan pengganti penyedap rasa buatan loh! Namun perlu kamu ketahui jika tak semua masakan dapat dicampurkan dengan terasi. Hanya beberapa makanan saja yang cocok diberikan penyedap berwujud terasi.

Nah, beberapa penyedap alami di atas bisa Cakap People gunakan untuk menggeser posisi MSG. Sebab kandungan MSG yang berlebih tidak baik bagi kesehatan. Oleh karena itu, akan lebih baik apabila kamu mencoba menggunakan penyedap alami saja. Namun, sesuaikan jenis penyedap alami yang hendak dibuat dengan masakan yang akan kamu masak ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Catat! Besok, Xiaomi Redmi Go Harga Di Bawah Rp 1 Juta Rilis di Indonesia

5 Rapper Terkenal ini Ternyata Kaya Sejak Lahir