in ,

Makanan Bergizi Bisa Juga Menjadi Racun, Kenali 5 Diantaranya Ini

CakapCakap – Makanan menjadi salah satu faktor yang bisa mendukung masuknya racun dalam tubuh manusia. Apapun bahan yang masuk dan cerna mulai dari mulut berpotensi merusak tubuh jika Cakap People salah memperlakukannya. Meski banyak orang beranggapan memasak makanan yang penuh nutrisi bisa mempertahankan kadar nutrisi di dalamnya pada kondisi apapun, ternyata hal tersebut tidaklah benar.

Ada beberapa perlakuan salah pada makanan bergizi yang justru akan membuat makanan tersebut menjadi racun. Kebiasaan yang kita lakukan disinyalir menjadi penyebabnya. Lantas, bahan makanan apa saja yang ternyata bisa berubah beracun ketika kita salah memperlakukannya? Yuk, simak lengkapnya di sini!

1. Kentang

Kentang rebus via Klikdokter.com

Jangan pernah mendinginkan kentang yang sudah direbus atau digoreng. Kandungan zat tepung pada kentang nyatanya cepat terkontaminasi bakteri saat didiamkan terlalu lama. Sebaiknya, makanlah kentang sesaat usai dimasak.

2. Nasi

Nasi putih via Kabarrakyat.co

Sebagai makanan pokok Indonesia, kamu harus pandai menyiasati agar nasi yang kamu konsumsi tidak mengandung racun. Mendinginkan nasi atau mendiamkan nasi terlalu lama justru akan membuatnya rentan terhadap kontaminasi bakteri. Bakteri yang seringkali bersarang pada nasi yang sudah dalam keadaan dingin banyak menyebabkan penyakit saluran cerna.

3. Roti Bakar

Roti bakar tak bagus dikonsumsi dalam keadaan masih panas via Ramesia.com

Roti panggang atau roti bakar ternyata tidak baik dikonsumsi dalam keadaan panas. Ya,  didalamnya akan mengeluarkan akrilamida yang rentan pada masalah pencernaan. Biasanya zat tersebut akan menimbulkan sembelit dan produksi gas yang akan bertambah.

4. Ayam

Olahan ayam akan alami perubahan bila terlalu lama didinginkan via Balilanjo.com

Komposisi protein dalam daging ayam akan mengalami perubahan ketika terlalu lama didinginkan. Tidak peduli bagaimanapun cara kamu memasak ayam, usahakan agar segera memakannya tanpa menunggunya dingin terlebih dulu. Mengonsumsi daging ayam dalam kondisi yang dingin bisa dipastikan kamu tidak akan mendapatkan manfaat apapun dari daging ayam tersebut yang menjadi sumber protein tertinggi.

5. Popcorn Microwave

Popcorn via Biggerbolderbaking.com

Popcorn bisa menjadi camilan yang beracun ketika dimasak dengan menggunakan microwave. Popcorn memproduksi asam perfluorooctanoic yang memiliki bahaya bagi kesehatan. Biasanya ketika seseorang terkena dampak dari zat tersebut, maka yang kali pertama diserang adalah sistem pencernaan mulai dari diare, sembelit atau sekadar mengalami kembung.

Singkatnya, deretan makanan tersebut sebenarnya memiliki bahan baku yang baik dan aman. hanya saja prosesnyalah yang kerap membuat makanan tersebut jadi membahayakan kesehatan tubuh Cakap People. Maka dari itu, mulai sekarang kamu harus pandai-pandai memperhatikan makanan yang masuk dalam tubuh.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Canggih dan Mungil! Inilah Kamera Pintar Google yang Dibanderol Rp 3 Jutaan

Banyak Manfaatnya, Masyarakat Indonesia Mulai Rajin Minum Air Putih